Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Struktural Tipe NHT Pada Pokok Bahasan Kimia Karbon

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) dengan menggunakan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT.Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 2 makassar, tahun ajaran 2006/2007.

Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, dimana tiap siklus berlangsung proses belajar mengajar selama 3 kali pertemuan dan 1 kali tes akhir siklus. Berdasarkan data observasi terdapat peningkatan perubahan sikap siswa, perubahan diantaranya kehadiran meningkat dari 92,5% menjadi 94,4%, siswa yang kurang aktif dalam kelompok dari 12%, menurun menjadi 8%, Kelompok yang menyelesaikan soal dengan benar dan tepat pada waktu yang diberikan dari 66,6% meningkat menjadi 81,4% siswa yang kurang aktif dalam kelompok dari12% menurun menjadi 8,3%. Selain perubahan sikap siswa terdapat pula peningkatan hasil belajar dilihat dari skor rata-rata siswa dimana pada siklus I skor rata-ratanya 6,69 dan pada siklus II menjadi 7,79.Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif metode struktural tipe NHT (Number Heads Together) pada siswa kelas X6 SMU Negeri 2 Makassar.

One Response to “Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Struktural Tipe NHT Pada Pokok Bahasan Kimia Karbon”
  1. khotimah says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *