MiSeq Illumina – Workshop Day 1

Alhamdulillah, saya sebagai salah satu staf pengajar di Universitas Palangkaraya, khususnya Program Studi Kimia sangat merasakan kesenangan yang luar biasa karena Universitas Palangkaraya atau lebih dikenal dengan UNPAR mampu memenangkan tender hibah peralatan dengan nilai sekian M untuk mengadakan instrumen pendukung penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pengadaan instrumen ini kemudian dirangkaikan dengan dilakukannya workshop untuk beberapa instrumen yang dianggap sangat perlu bagi laboran dan tenaga pengajar. Workshop berlangsung selama tiga hari yakni mulai dari tanggal 1 – 3 Februari 2012 yang mengambil tempat langsung di laboratorium Kimia, Universitas Palangkaraya.

Hari Pertama, yang dimulai pukul 09.00 WIB, seluruh peserta diajak untuk berkenalan dengan sebuah instrumen yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bergelut di bidang biosains atau bioteknologi. Alat ini bernama MiSeq.

MiSeq Illumina adalah salah satu instrumen yang digunakan oleh peneliti-peneliti untuk menentukan karakterisasi gen DNA mikroorganisme. Produk yang dibuat untuk melakukan sequencing ini adalah merupakan insturmen terbaru yang diluncurkan oleh Illumina.

MiSeq Illumina

Kelebihan MiSeq ini adalah memudahkan dalam proses pengerjaan setelah preparasi sampel di laboratorium. Menggunakan MiSeq ini hanya membutuhkan waktu minimal 2 jam untuk mendapatkan hasil pembacaan struktur basa-basa nitrogen sebagai penyusun gen, dalam hal ini DNA. Dengan MiSeq, kita dapat melakukan:

  • Targeted Resequencing
  • De Novo Assembly
  • Amplicon Sequencing
  • Small RNA
  • Metagenomic
  • Library QC:

Workshop ini dibawakan dengan performance  yang menakjubkan oleh Mbak Kinasih Prayuni, sebagai salah seorang utusan dari PT. Pandu Biosains, perusahaan yang bergerka di bidang pengadaan barang untuk analisis molekuler, termasuk sequencing, Real Time PCR Systems dan Microarray.

Untuk hari pertama, seluruh peserta masih diberikan seputar perkenalan secara umum tentang alat MiSeq ini. Sekaligus mendapatkan penjelasan tentang cara kerja instrumen ini. Mulai dari penjelasan tentang preparasi sampel hingga siap untuk dimasukkan ke dalam instrumen agar memperoleh data yang diinginkan. Sekaligus memperkenalkan tampilan luar instrumen yang dapat digunakan dengan touchscreen pada layar jika tidak ingin menggunakan mouse untuk menjalankan instrumen.

Selain itu, MiSeq ini juga dilengkapi dengan Software yang memberikan informasi kepada pengguna instrumen ini terhadap hasil analisa sampel yang terjadi di dalam instrumen dan dapat secara otomatis terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses data sampel yang dianalisis.

 

2 Responses to “MiSeq Illumina – Workshop Day 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *