Menimba Ilmu di Mugniar’s Note

Surprise. Rasa yang mencuat seketika tatkala mendapatkan tugas dari program #Sipakatau ala Komunitas Blogger Anging Mammiri (AM) untuk mereview blog seorang kawan sekaligus “bunda” bagi saya. Yah, kaget dan sebenarnya bingung mau memulai darimana karena kami sebenarnya sudah saling mengenal satu sama lain sejak tahun 2011.

Bermula pada sebuah event blogging, perempuan yang memiliki 3 orang anak ini sudah terlihat begitu antusias dalam menekuni dunia blogging. Saya melihat semangat berapi-api dalam mengikuti setiap materi demi materi membuat saya semakin “penasaran” untuk lebih mengenalnya kala itu. dan kecintaannya terhadap menulis jugalah salah satu hal yang mendekatkan kami. Namanya, Mugniar. Saya selalu memanggilnya Bunda Mugniar.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak hal yang “fantastis” diperoleh Bunda dalam dunia blogging. Saya sebenarnya saat ini menjadi takut salah tulis perihal blog Bunda. Semua tidak lain tidak bukan karena prestasi yang diraih satu demi satu oleh Bunda. Apalah saya jika dibandingkan dengan beliau. Aaahh semakin kaku saja rasanya akan menulis apa ini… Hmmm…

Demi menyelesaikan amanah, blog Bunda akan dibahas sesuai dengan pemahaman saya saja. Yuk, kita intip sama-sama.

Menimba Ilmu di Mugniar’s Note

Blog Bunda yang tadinya bernama http://mugniarm.blogspot.com akhirnya berganti nama dengan http://mugniar.com (di situ saya merasa senang karena akhirnya Bunda berpindah juga ke domain [dot]com). Sebagai blog personal, bagus sekali berlama-lama di halaman demi halaman blog ini. Why? Karena isinya sangat bermutu dan tata bahasa yang digunakan juga sangat bagus. Tergambar sekali bahwa Bunda adalah orang yang berwawasan luas 😀 *eits, janganki’ dulu besar kepala Bunda nah! 😀

Semoga saya tidak kualat untuk terus bercuap-cuap soal blog Bunda ini. Saya beralih pada tampilan homepage. Jujur saja kurang menarik. Warna yang dipakai tidak “berbicara”, haduh bahasa saya terlalu magaya ini #tepokjidat. Tetapi sebenarnya menggambarkan kepribadian Bunda yang kalem dan sederhana.

Soal navigasi. Navigasinya memang sudah bagus, hanya saja kebanyakan kategori yang menuju pada page buku. Tidak salah, tetapi alangkah bagusnya jika di satukan dalam sub domain lain sehingga tidak terbagi menjadi beberapa Galeri. Namun, kembali lagi soal selera. Namanya juga saya memberi masukan sesuai selera saya juga, hehehe…

Penataan Widget. Mungkin Bunda perlu mencari template baru yang bisa menampung semua yang ada di widget saat ini. Bagusnya sih, pilih yang penting saja. Contoh lain lagi pada Entri Populer, kalau bisa 3-5 saja sudah cukup. Kalau 10 rasanya terlalu panjang ke bawah. Kasihan jempol-jempol cantik orang di luar sana yang harus scroll panjang ke bawah.

Penggalan Read More. Sepertinya penggalan tiap postingan terlalu panjang sehingga menjadi panjang ke bawah ketika melihat homepage. Apalagi selalu ada “link tautan ke artikel senada” yang muncul sehingga semakin menambah “ramai”. Ada baiknya disederhanakan.

Pemilihan jenis dan ukuran huruf. Kalau saya sendiri menilai terlalu besar. Saya lebih suka jenis dan ukuran huruf yang digunakan pada page “Jejak Saya”. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Pas untuk setiap mata yang membaca sepertinya. Apalagi jika membaca via mobile.

Mengenai SEO Score. Sekalian menjawab pertanyaan yang beberapa waktu lalu ditanyakan. Sebenarnya jawabannya sudah ada di halaman tersebut ketika skor SEO ditampilkan. Mulai dari penataan heading, keywords, blog description, image description dan lain-lain dijelaskan di situ. Contohnya pada heading. Artikel-artikel yang masih mengikuti pola SEO, maka judul dan heading selalu berkaitan. Misalnya, jika judulnya Amazing Muslimah, maka heading atau sub-sub judul dalam artikel, sebaiknya memuat Amazing Muslimah juga. Jadi tidak semata-mata hanya disebutkan dalam tulisan. Hmmm… mudah-mudahan mengertijiki’ dengan kalimatku. Hal-hal lainnya bisa dipelajari lagi dari penjelasan hasil SEO Score.

Namun, lagi-lagi menulis terkadang menjadi hal yang memberatkan ketika semua aspek diperhatikan. Bisa jadi tidak update blog jika memusingkan hal tersebut. Intinya, menulis dengan konten unik/murni tentu akan sangat bagus dibandingkan copas.

So, blog Bunda dengan segudang catatan-catatan bermanfaat sudah menjadi kekuatan tersendiri. Buktinya, sudah banyak prestasi yang diraih. Jadi, kalian yang mau wawasannya bertambah seputar apa saja, tidak dilarang berkunjung ke blog Bunda ^_^

***

Bunda, semoga terus menginspirasi banyak orang. Jangan pernah berbeda dari Bunda yang saya kenal dulu meskipun prestasi demi prestasi telah diraih. Karena orang sombong tidak akan ada gunanya dunia akhirat, hehehe… *nasihat buat saya juga*

5 Responses to “Menimba Ilmu di Mugniar’s Note”
  1. echaimutenan says:
  2. echaimutenan says:
  3. Mugniar says:
  4. leny says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *