Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Manfaat konten lokal buatan Indonesia seharusnya dapat dilihat dimana-mana. Kehadiran konten-konten lokal Indonesia sudah seharusnya berkibar sejak internet pertama kali hadir. Banyak yang masih bingung dengan isu konten lokal buatan Indonesia ini. Lebih menyedihkan ketika sebagai manusia yang mengaku warga negara Indonesia justru tidak memahami segala sesuatu tentang Indonesia itu sendiri. Tidak sedikit dari kita hanya mengumpat ketika Indonesia mengalami keterpurukan dan lebih anehnya lagi berbondong-bondong mencari kambing hitam dari sebuah masalah, yang boleh jadi pada dasarnya masalah sepele. Tentu saja jika demikian manfaat konten lokal buatan Indonesia belum dirasakan sepenuhnya.

Masalah yang melanda saat ini adalah kurangnya yang memahami manfaat konten lokal buatan Indonesia. Bahkan hal ini sangat tidak menarik untuk dibahas dan sangat jauh tertinggal dibandingkan cerita tentang selebriti-selebriti luar negeri. Bahkan manfaat konten lokal buatan Indonesia harus tersaingi dengan sikap latahnya kita meniru gaya sang selebriti mancanegara tersebut. Padahal, jika ingin diteliti bahkan ditelaah dengan baik, konten lokal buatan Indonesia memberikan manfaat yang sangat besar.

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Keanekaragaman di segala aspek kehidupan kita di Indonesia sudah menjadi layak untuk dipublikasi ke khalayak dunia bahwa inilah Indonesia. Terlalu banyak varietas seni dan budaya yang belum terjamah dengan baik, bahkan sudah mendekati kepunahan akibat proses pelestarian yang sudah semakin terkubur oleh modernisasi budaya.

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia – Need To Be Supported

Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi? Itulah mungkin semboyan yang pantas untuk mendukung manfaat konten lokal buatan Indonesia. Keberadaan kita sebagai pengguna kecanggihan informasi dan teknologi seharusnya memicu semangat untuk tetap mengembangkan konten-konten lokal. Manfaat konten lokal buatan Indonesia harus didukung dan terus dilestarikan dengan memikirkan berbagai macam kreativitas sehingga lahir konten-konten lokal yang berkualitas meskipun masih berupa gambaran karakteristik lokal. Jika dukungan sudah menjadi bahan bakarnya, maka konten lokal akan terus berkembang dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi khalayak yang berada di luar lokalitas konten Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan pundi-pundi rupiah sudah mulai menyiapkan tempat sebagai salah satu income yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia – Kuliner sebagai Senjata Karakter Lokal

Berbicara tentang konten lokal, kuliner dapat dijadikan sebagai salah satu objek yang memberikan manfaat konten lokal buatan Indonesia. Pengenalan kuliner kepada seluruh dunia dalam kancah dunia maya (baca: blog) untuk mendukung manfaat konten lokal buatan Indonesia, sudah seharusnya menjadi senjata karakter bagi sebuah daerah. Kuliner adalah karakteristik sebuah daerah yang mampu memberikan cerita tersendiri tentang kondisi sekitar daerah tersebut. Misalnya saja saya sebagai warga negara Indonesia yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan mengenal kuliner bernama “Konro”. Makanan ini hanya dapat ditemukan kenikmatannya ketika menyantapnya di daerah ini. Kalaupun kuliner ini dapat disajikan di berbagai penjuru Indonesia, tetap saja rasa dan aroma yang asli dank has hanya dapat dirasakan dengan sungguh ketika berada di provinsi ini. Dan tentu saja yang menyajikan masakan ini di daerah lain boleh jadi adalah orang yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan asli yang sedang merantau atau memang orang tersebut mengabdikan dirinya untuk mempelajari dengan seksama teknik meracik bumbu masakan ini. Sebab, tidak semua orang mampu memasak masakan ini dengan baik dan benar serta menghasilkan rasa yang benar-benar asli.

Melihat fenomena di atas, manfaat konten lokal buatan Indonesia tentang kuliner khususnya lagi untuk masakan “Konro” ini akan sangat membantu kemajuan provinsi asal kuliner tersebut, tidak hanya bagi penduduk sekitar tetapi juga aparat pemerintah daerah setempat ikut merasakan citra yang luar biasa baiknya.

Implementasi Kuliner untuk Meraih Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Jika kuliner sudah menjadi konten lokal yang dilestarikan tentu saja Indonesia tidak akan khawatir merasakan keterpurukan dalam hal peningkatan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Sebab, kuliner tidak akan pernah punah dan akan selalu menjadi bahan incaran bagi pemburu kuliner, terlebih lagi kuliner tradisional yang semakin hari akan semakin langka akibat arus globalisasi. Manfaat konten lokal buatan Indonesia seperti ini tidak lain dan tidak bukan akan menjadi sumber pendapatan secara tidak langsung bagi Indonesia tentunya dan sebagai blogger, saya akan sangat bangga jika kuliner tradisional menjadi barang buruan bagi siapa saja yang tertarik dengan Indonesia.

XL Axiata – Penyedia Aplikasi untuk Mendukung Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia khususnya Kuliner

Tidak perlu memberikan sumbangsih dalam bentuk berlian atau mobil mewah kepada Indonesia, menjadi salah satu pelopor konten lokal Indonesia saja sudah sangat membanggakan menurut saya. XL Axiata setidaknya membuat aplikasi konten seru yang menghadirkan sederetan kuliner yang khas dari Indonesia untuk mendapatkan manfaat konten lokal buatan Indonesia. Tidak selamanya yang menjadi konten seru adalah berupa RBT atau sejenisnya yang menjadi gaya hidup saat ini. Sebagai contoh konten seru adalah kuliner “Konro”. Jika konten ini menjadi salah satu aplikasi konten lokal, saya adalah orang pertama yang merasakan bangga yang luar biasa akibat manfaat konten lokal buatan Indonesia.

3 Responses to “Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia”
  1. addyn says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *