Makanan Tepat untuk Sahur

Makanan tepat untuk sahur sudah seharusnya diketahui oleh seluruh umat muslim di dunia ini. Terlebih lagi sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadhan 1433 H. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah dengan memilih makanan tepat untuk sahur.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa berpuasa adalah kewajiban dari setiap umat muslim di belahan bumi manapun di dunia ini. Segala jenis aktivitas insya Allah akan bernilai ibadah di bulan itu ketika dilakukan dengan niat ikhlas dan semata-mata untuk mencari kerdihoanNya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memilih makanan tepat untuk sahur agar pada saat berpuasa tidak terganggu oleh rasa lapar dan keletihan yang amat sangat. Sebab, berpuasa artinya menahan untuk tidak makan dan minum serta segala aktivitas larangan lainnya. Benar-benar di bulan suci tersebut umat Muslim digenjot untuk melatih segala bentuk pengendalian diri.

Agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa, tentunya harus mengetahui makanan tepat untuk sahur. Sebab, apa yang dimakan saat sahur berpengaruh pada kondisi dan stabilitas tubuh kita saat berpuasa. Berikut beberapa informasi yang harus diketahui tentang makanan yang tepat untuk sahur:

  1. Jangan berlebihan dalam makan di saat sahur. Berlebihan makan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Misalnya memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.
  2. Jangan makan gorengan. Gorengan yang dikonsumsi tidak memberikan asupan gizi yang cukup ke dalam tubuh. Bahkan gorengan justru menghasilkan radikal bebas yang sangat tidak baik pengaruhnya di dalam tubuh. Radikal bebas mampu memangkap senyawa-senyawa beracun yang ada di udara bebas yang lama kelamaan akan menjadi penyakit di dalam tubuh.
  3. Jangan makan makanan yang terlalu manis. Makanan yang manis di saat sahur sebaiknya dihindari untuk mencegah kerja insulin yang berlebih. Insulin sendiri adalah hormon di dalam tubuh yang bertugas untuk menghasilkan energi lewat pemasukan glukosa dari dalam darah yang kemudian akan diteruskan ke dalam sel-sel tubuh. Makanan manis sangat menggoda kerja insulin jadi lebih cepat.
  4. Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran. Makanan berserat membantu proses pencernaan di dalam tubuh agar pada saat puasa tidak ada masalah dengan kondisi pencernaan.
  5. Banyak minum air. Nah, inilah yang paling penting untuk dikonsumsi. Banyak minum air akan menjaga keseimbangan tubuh di saat asupan makanan terhenti. Sebab, salah satu zat penyusun tubuh yang terbanyak dalam tubuh kita adalah air. Meskipun tidak makan tetapi asupan air yang cukup dalam tubuh tidak akan membuat tubuh kita menjadi letih, lemas dan lesu.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya diketahui sebelum memasuki bulan puasa. Semoga puasa kita berjalan lancar, sampai pada waktunya dan tidak ada bolongnya. Selamat berpuasa yah dengan tetap memperhatikan makanan tepat untuk sahur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *