Kredit Tanpa Agunan: Solusi Cerdas Kembangkan Usaha

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, tentu anda sudah mengenal pasang surut maupun untung rugi dalam usaha yang mungkin sering anda alami sejak awal. Berdasarkan pengalaman tersebut, tentu anda menginginkan prospek usaha menuju ke arah yang lebih baik bukan? Ya, namun modal untuk pengembangan usaha terkadang menjadi hambatan yang bisa menghalangi langkah yang akan anda lakukan. Tetapi saat ini banyak solusi yang bisa anda pilih sebagai alternatif yang tepat untuk mengembangkan usaha, salah satunya dengan Kredit Tanpa Agunan.

Kredit Tanpa Agunan: Solusi Cerdas Kembangkan Usaha

credit

Fasilitas ini bisa anda temui di beberapa bank atau badan keuangan yang ada di Indonesia. Tanpa modal jaminan apapun, anda sudah bisa mendapatkan dana pinjaman untuk mengembangkan usaha jika seluruh persyaratan yang telah ditentukan pihak bank bisa anda penuhi. Selain itu, Kredit Tanpa Agunan atau KTA juga bukan hanya ditujukan kepada para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis saja, tetapi bisa juga diajukan oleh para karyawan untuk memulai usaha atau untuk kebutuhan lainnya.

Secara umum, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh anda sebagai pemohon pinjaman, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia asli.
  2. Mempunyai penghasilan tetap.
  • Untuk karyawan, minimal lama kerja satu tahun sebagai karyawan tetap.
  • Untuk wirausahawan, sudah mendirikan usaha minimal dua tahun.
  1. Usia pemohon minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  2. Melengkapi seluruh dokumen persyaratan.
  3. Mengisi formulir dengan data yang sah.

Beberapa dokumen untuk mengajukan KTA yang harus dilengkapi oleh wirausaha seperti anda diantaranya yaitu:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk),
  • Fotokopi SIUP/SKU (Surat Izin Usaha Perdagangan/Surat Keterangan Usaha),
  • Fotokopi rekening bank selama 3 bulan terakhir,
  • Fotokopi kartu kredit,
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk pinjaman lebih dari 50 juta,
  • Materai.

Pada dasarnya, setiap bank mempunyai persyaratan yang berbeda-beda sehingga anda wajib mengetahui persyaratan dari bank mana saja yang dapat dipenuhi dan bisa anda pilih untuk mengajukan pinjaman. Jika anda sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, maka anda bisa langsung menuju bank yang sudah anda tentukan. Setelah itu, isilah formulir pemohon pinjaman KTA sesuai dengan data yang benar agar proses konfirmasi dan verifikasi mudah dilakukan.

Setelah aplikasi yang anda isi berikut dengan dokumen persyaratan dimasukkan ke bank, maka beberapa hari kemudian pihak bank akan melakukan survey ke tempat usaha anda untuk memastikan dan mengecek kebenaran data yang telah anda ajukan. Kemudian, proses perhitungan dan pertimbangan bank pun dimulai. Dengan melihat langsung, pihak bank akan mengakumulasi dan memperkirakan seberapa besar nilai asset usaha beserta nilai pinjaman yang anda ajukan sebelumnya. Jika semua sudah disetujui dan diterima oleh pihak bank, maka tak lama kemudian dana yang anda butuhkan untuk mengembangkan usahapun cair dengan cepat. Setelah dana cair, ada beberapa hal yang perlu anda ingat dan selalu ada di benak anda, yaitu:

  1. Gunakan dana sesuai dengan tujuan awal.
  2. Maksimalkan dana yang didapat untuk diputar kembali menjadi modal usaha agar menghasilkan keuntungan tambahan.
  3. Ingat kewajiban pembayaran angsuran yang harus dilakukan setiap bulan hingga waktu yang telah disepakati.

Bila hal tersebut anda lakukan dengan baik, bukan tidak mungkin jika pihak bank berani memberikan pinjaman yang lebih besar bila proses kredit sudah mendekati pelunasan. Itulah sebabnya KTA dianggap sebagai sebuah solusi cerdas dalam mengembangkan usaha bila dilakukan dengan cara yang tepat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2 Responses to “Kredit Tanpa Agunan: Solusi Cerdas Kembangkan Usaha”
  1. KTA Mandiri says:
  2. tempat pinjam uang says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *