Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia untuk saat ini seiring dengan kemajuan internet adalah konten yang kreatif dan inovatif. Keberadaan konten lokal di dalam dunia maya (baca: internet) ini akan sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia yang dimaksud disini adalah bisa berupa aplikasi pada handphone untuk memperkenalkan Indonesia pada dunia dari segi artikel tentang budaya lokal di Indonesia, dokumentasi foto dan video berbagai pertunjukan seni dan budaya. Karena pada dasarnya, Negara Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman seni dan budaya. Untuk keberhasilan agar konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia bisa terwujud, maka hal tersebut memerlukan berbagai unsur elemen pendukung.

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia

Pendukung Konten Lokal yang Dibutuhkan Oleh Indonesia

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia harus didukung oleh berbagai pihak yang terkait, baik dari pihak pemerintahan, investor swasta, maupun perorangan. Diharapkan dengan adanya kerjasama yang baik antara ketiga unsur diatas maka konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia dapat diwujudkan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Untuk mendukung konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia dari pihak pemerintah seharusnya bersikap/bertindak lebih proaktif Β dengan melihat langsung ke masyarakat agar berbagai jenis kebudayaan yang ada tidak punah dan dapat dilestarikan seterusnya juga dapat mengenalkan ke generasi muda penerus bangsa dan negara Indonesia. Selain itu sebaiknya setiap kabupaten yang ada di seluruh wilayah Indonesia membuat website untuk menampilkan keanekaragaman kesenian dan budaya yang ada di setiap daerah agar setiap warga negara Indonesia dapat mengetahui kekayaan seni dan budaya.

Ketika pemerintah setempat sudah mengusahakan dengan maksimal lokasi wisata tersebut maka akan dengan mudah mendatangkan investor swasta. Investor swasta ini berfungsi sebagai pendukung dalam hal pengembangan wisata tersebut. Dukungan finansial yang diberikan dapat digunakan untuk terus-menerus melakukan proses rehabilitasi agar wisata tersebut semakin indah, bersih, rapi dan semakin menarik wisatawan domestik dan internasional untuk dating berkunjung.

Namun, semuanya itu tidak akan berguna jika tidak dilakukan publikasi. Publikasi inilah dapat dilakukan melalui internet dengan mengusung pemberdayaan konten lokal sebagai isu positif yang dapat dikembangkan. Sebagai penulis di dunia maya, khususnya penulis blog (baca: blogger), konten adalah syarat utama untuk menyampaikan pesan dalam bentuk tulisan. Tulisan-tulisan tersebut sudah seharusnya lebih banyak menggambarkan konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia.

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia ini tidak akan mampu memberikan manfaat apa-apa bagi kita, ketika dukungan penuh untuk melestarikannya tidak lahir dari dalam jiwa kita sebagai warga negara yang mencintai bangsanya. Dan sebagai blogger yang XLaluCintaIndonesia harus terus menjaga konten-konten lokal tersebut agar tetap mengembangkan sektor pariwisata Indonesia.

Contoh Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia

Pada kesempatan kali ini, contoh konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia menurut saya adalah adanya website wisata daerah.

Tidak sedikit tempat-tempat wisata indah yang mampu memberikan nilai devisa dan bertebaran di seluruh pelosok Indonesia, tetapi tidak terekspos dengan baik. Dengan adanya website wisata ini selayaknya menjadi salah satu wadah untuk menempatkan konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia sebagai wakil dari tiap daerah.

Website Wisata sebagai Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia adalah Sumber Devisa

Website wisata menurut saya masuk sebagai salah satu konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia karena negara Indonesia adalah negara berkembang, sehingga secara otomatis membutuhkan manajemen finansial dalam pengembangan dan kemajuan negara. Dan lokasi wisata menjadi sumber pemasukan devisa yang tidak sedikit jumlahnya, asalkan benar-benar dikelola dengan baik. Dengan adanya kerjasama antara pemerintah, investor dan juga blogger akan sangat memaksimalkan upaya pemerintah negara dalam mengembangkan dan mengelola anggaran belanja negara. Sektor pariwisata memang menjadi salah satu bagian yang lebih mudah untuk dijadikan sebagai alat memperkenalkan Indonesia secara lebih mendetail.

Implementasi Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia ini yang berupa website wisata akan sangat bermanfaat bagi pemerintah setempat, khususnya masyarakat sekitar. Sebab, dengan konten lokal tersebut, wilayah disekitar wisata tersebut dapat ikut dikembangkan dalam hal pembangunan industri yang mendukung sektor pariwisata di Indonesia.

Implementasi website wisata ini sebagai konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia bagi masyarakat sekitar adalah mengeksplorasi semangat dan juga kebanggaan masyarakat sebagai bagian yang dapat mengoptimalkan usaha publikasi agar wisata tersebut ramai dikunjungi dan menjadi salah satu pilihan dari sekian banyaknya objek wisata yang ada di Indonesia.

Masyarakat sekitar juga akan menjadi bagian dari pemerintah setempat untuk membantu memajukan lokasi tersebut dan secara otomatis dapat mengangkat nama baik wilayah sekitar lokasi wisata. Jika daerah/lokasi wisata sudah mendapatkan nama baik, maka orang-orang yang berada di luar lokasi wisata tersebut (wisatawan) tidak akan berpikir lama untuk segera menikmati wisata tersebut. Dengan demikian, pemerintah setempat menjalankan program kerja daerah yang masyarakat sekitar menjadi pendukungnya, baik secara fisik maupun materil. Kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakatnya akan menciptakan hubungan sosial yang harmonis. Hubungan harmonis ini lagi-lagi akan menjadi kontribusi untuk memajukan konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia.

XL Axiata (XL Konten Seru) sebagai Penyaji Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia

Konten wisata yang disajikan dalam website sebagai konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia mungkin akan lebih baik jika dibuat dalam bentuk aplikasi pada handphone. Salah satu cellular provider yang ada di Indonesia (baca: XL Axiata) telah mengembangkan program konten-konten seru yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan XL. Dengan adanya pengembangan yang dilakukan XL dari waktu ke waktu, saya secara pribadi mengharapkan pihak XL membuat aplikasi konten serupa website wisata, berisi foto, artikel atau bahkan video, yang Β dapat memudahkan kita sebagai warga negara untuk mengetahui keanekaragaman objek wisata sebagai konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia.

31 Responses to “Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia”
  1. mubarika says:
  2. SlameTux says:
  3. elvira157 says:
  4. addyn says:
  5. bardi says:
  6. arie smart says:
  7. elj says:
  8. renaldi says:
  9. Arfha says:
  10. Nonton Movie says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *