Kemesraan BN2012 Makassar Janganlah Cepat Berlalu

Menyentuh. Menuai air mata. Menorehkan bahagia. Ungkapan yang mewakilkan rasa yang tak biasa saat berada di BN2012 Makassar beberapa hari yang lalu, 9-11 November 2012. Baru pertama kali saya bertandang ke sebuah event dengan menyisakan sejuta cerita. Meski selalu terbatas oleh ruang dan waktu, tetap saja cerita itu tak pernah surut.

Tanggal 9 November 2012, tepatnya pukul 09.30 WITA saya menginjakkan kaki di Sultan Hasanuddin Airport, Maros, Sulawesi Selatan. Sejumlah agenda yang telah tersusun rapi siap menjadi aktivitas ketika berada di Kota Daeng untuk event terakbar menjelang kiamat, BN2012 Makassar. Menghirup udara di sekitaran bandara membuat semangat untuk menjadi bagian dari BN2012 Makassar tahun ini semakin membara. Apalagi ada hal-hal penting yang tak boleh dilewatkan.

LAN lokasi BN2012 Makassar

Lokasi BN2012 Makassar

LAN Antang Makassar sebagai saksi sebuah perhelatan akbar diselenggarakan. Sejumlah jiwa yang mengatakan dirinya sebagai insan penikmat dunia maya, fotografi serta kepenulisan hadir dan melebur untuk mendapatkan sebuah penyegaran ilmu. Penyegaran? Yah, karena saya sangat yakin yang hadir bukanlah orang-orang yang buta akan ketiga hal tersebut.

Event BN2012 Makassar yang diawal dengan kegiatan Pra Event membagi 3 kelas belajar dengan masing-masing tema berbeda, yaitu social media, fotografi dan kepenulisan. Rasa haru itu kemudian menamparku pelan-pelan ketika mencoba mengambil gambar disetiap kelas dimana materi sedang berjalan secara paralel antara kelas yang satu dengan yang lainnya. Apa yang menampar saya? Antusias peserta itulah jawabannya. Tidak menyangka bahwa event BN2012 Makassar yang diawali dengan pra event seperti pembagian kelas seperti ini sungguh diminati oleh masyarakat Makassar dan sekitarnya. Kemesraan peserta dengan materi yang disajikan oleh pemateri menjadi hal terpenting dalam suksesnya sebuah event, menurut pengamatan saya sendiri.

Kenangan BN2012 Makassar

Suasana Kelas sebagai Pra Event BN2012 Makassar

Dengan kondisi pra event seperti itu, saya menjadi yakin bahwa di acara puncak, tanggal 10 November 2012, akan lebih heboh karena tidak terbatas pada jumlah peserta seperti pembagian kelas tadi. Dan itu memang terjadi di acara puncak BN2012 Makassar ini. Seluruh jiwa penikmat dunia maya berkumpul menjadi satu dalam wadah yang begitu megah. Materi demi materi yang diberikan pada acara puncak menjadi bekal bagi peserta BN2012 Makassar. Kemeriahan semakin bertambah karena masing-masing booth yang diberikan kesempatan sebagai pendukung event BN2012 Makassar juga menunjukkan kehebatan dengan memberikan apa yang mereka punya, seperti kaos, stiker dan lain sebagainya. Walau kemeseraan antara peserta dan materi sedikit ada gangguan dalam hal perhatian dan fokus tetapi tetap saja event BN2012 Makassar berlalu dengan menyisakan banyak tawa, canda dan tangis bahagia.

Betapa tidak?! Awalnya hanya mengenal sosok-sosok yang hadir hanya di dunia maya, di event BN2012 Makassar pertemuan alias kopdar tersebut bisa mewujudkan pertemuan itu. Dari sabang sampai merauke membaur saling bertukar pengalaman sebagai penggiat media sosial online. Suasana berfoto-foto ria terlihat di beberapa titik di gedung tempat BN2012 Makassar ini diadakan. Berbagai fose juga menjadi inspirasi bagi satu sama lain untuk menunjukkan aksi hebohnya di depan layar kamera.

Kenangan BN2012 Makassar

Air mata bahagia menyatukan rasa, hingga kemudian harus berpisah lagi padahal jalinan ukhuwah baru saja terbina dengan erat. Menyatukan blogger se-Nusantara melalui event BN2012 Makassar ini bukanlah hal mudah tetapi dapat diwujudkan oleh kerja keras jiwa-jiwa yang semangat akan keyakinan bahwa Makassar Bisa Tonji (baca: AngingMammiri.org sebagai full organizer).

Moment yang juga menyisakan banyak cerita ketika peserta luar Makassar berkumpul dalam sebuah mimbar bebas di malam hari dan keesokan harinya diboyong ke Akkarena, tanggal 11 November 2012, sebuah pantai yang ada di Makassar. Gemuruh suara ombak serta teriknya mentari seolah menyerukan betapa persahabatan, persaudaraan serta rasa kasih sayang jangan pernah berhenti ketika BN2012 Makassar juga usai.

Kenangan BN2012 Makassar

Suasana Malam Mimbar Bebas di Penginapan Para Peserta Luar Makassar

Ketika ada pertemuan tentu saja perpisahan pastilah saja datangnya. Kemesraan yang dijalin selama berada di Makassar untuk event BN2012 Makassar sejatinya juga tak pernah usai oleh jauhnya jasad dan mata yang saling memandang. Ada banyak media sosial yang kembali menguatkan persaudaraan kita semua sesama Blogger Nusantara.

BN2012 Makassar

Meski selalu saja ada pengikut pepatah “Tak Ada Gading yang Tak Retak”. Kesempurnaan hanya milikNya, manusia hanya selalu berusaha. Setiap Kota beda rasa. Dan sangat bangga karena Makassar mampu menunjukkan kemampuannya.

Kenangan BN2012 Makassar

NB: untuk XL, IDBlogNetwork, Nawala sebagai media partner dan Lintas.me, BLOGdetik, dan sponsor pendukung lainnya saya ucapkan terima kasih banyak untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *