Kehadiran Ragam Startup di Surabaya

Kehadiran Ragam Startup di Surabaya – Kembali lagi dengan artikel tantangan LBI 2017. Kalau pekan lalu kita membahas soal personal branding, maka kali ini kita bahas soal startup yang semakin bermunculan di Indonesia yang berbasis digital dan internet.

Saat ini segala jenis kebutuhan hidup semakin mudah saja rasanya untuk menggapai. Bahkan kebutuhan sosial seperti sedekah atau membantu sesame pun sudah semakin mudah tanpa perlu mengeluarkan tenaga. Sebut saja kitabisa.com yang hadir menawarkan kemudahan penggalangan dana secara online. Seperti yang dikatakan oleh CEO-nya bahwa kitabisa.com using business discipline to solve social problem. We are a mission driven tech startup. Nah, dari sini sudah jelas terlihat bahwa dunia digital dan internet menjadikan kitabisa.com menjadi media dalam membantu orang yang membutuhkan dana. Tetapi perlu diingat karena kitabisa.com tidak menyediakan dana. Just a facilitator.

Kehadiran Ragam Startup di Surabaya

Tidak hanya persoalan sosial, kebutuhan belanja pun sudah semakin mudah karena bermunculannya e-commerce yang menawarkan harga fantastis. Kualitas produk pun tentunya sama saja dengan yang ada di mall. Cukup membaca informasi detil tentang produk yang diinginkan, maka kita bisa mendapatkannya meski berada di dalam rumah. Hmm… salah satu cara untuk mengurangi kemacetan karena tidak perlu ikut berjejer dengan pengguna jalan lain di luar sana. Belum lagi jika harus antri di toko. Belanja apapun saat ini sudah banyak e-commerce startup seperti tokopedia, lazada, bukalapak, elevenia, shopee dan masih banyak lagi. Dan mayoritas sudah pernah saya rasakan sendiri mengenai services terhadap customer.

Nah, kalau bicara soal startup di Surabaya, banyak sekali sebenarnya. Mulai dari jasa transportasi hingga di bidang makanan. Baru-baru ini Surabaya sedang dihebohkan dengan kemunculan Surabaya Snow Cake selaku startup yang bergerak di bidang penyediaan oleh-oleh khas Surabaya. Saat ini pun sudah bisa dinikmati oleh orang-orang di luar Surabaya dengan melakukan delivery order. Tetapi, jangan ditanya apakah saya sudah mencicipi atau belum ya. Tunggu saja postingan soal Surabaya Snow Cake ini di blog saya.

Apakah ada startup lain lagi yang lebih memberikan manfaat? Hmm… ada satu yang menarik sih sebenarnya, yaitu Ojesy atau Ojek Syar’I Surabaya. Layanan ojek khusus wanita yang nyaman dan bersahabat ini pun sudah sering saya gunakan ketika suami sedang tidak bisa mengantar ke tujuan. Soal tarif masih standar dan pastinya amanlah buat saya pribadi yang masih takut bepergian dengan ojek pria di kota sebesar Surabaya ini. Kebetulan sekali owner atau CEO dari startup satu ini adalah teman dimana kami dipertemukan lewat kursus bahasa Inggris online.

Eh, kursus bahasa Inggris online yang saya maksud pun juga salah satu startup yang ada di Surabaya, namanya iCanCourse. Saya pernah menjadi siswa di situ dan sekarang ini sedang dipercaya sebagai salah satu pengajar di kelas Basic. Jadi, asah dan improve kemampuan bahasa Inggris pun sangat mudah saat ini. Cukup menyediakan aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram.  

Well… itulah ragam startup yang ada di Surabaya. Bahkan hampir bisa dikatakan saat ini, cukup klik sana klik sini, semua kebutuhan terpenuhi. Masih banyak yang belum disebutkan di sini dan pastinya startup hadir untuk semakin memudahkan manusia. Hanya saja, manusia (kita) seringkali lupa untuk mengoptimalkannya dengan baik. So, bagaimana dengan kalian? Apakah ada ide untuk membuat startup berbeda dari yang sudah ada? Hmm… kalau saya sih, selagi itu banyak manfaatnya, pasti akan langgeng di dunia persaingan startup meski diadu dalam skala internasional.

6 Responses to “Kehadiran Ragam Startup di Surabaya”
  1. Elisa says:
  2. Rindang says:
  3. Jeri says:
  4. hungerranger says:
  5. RIBUT - - says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *