Kal Ho Naa Ho – Pengorbanan Cinta Sejati

Kal Ho Naa Ho – Pengorbanan Cinta Sejati sengaja saya hadirkan dalam postingan ini. Memang film ini adalah film lama, tepatnya dirilis tahun 2003. Kal Ho Naa Ho yang kemudian dalam bahasa Inggris yang berarti Tomorrow May Never Come ini telah berhasil menggugah semangatku untuk kembali menuliskannya.

Kal Ho Na Hoimg 300x225 Kal Ho Naa Ho   Pengorbanan Cinta Sejati

Judul Film: Kal Ho Naa Ho
Pemeran Utama: Shahrukh Khan, Saif Ali Khan dan Preity Zinta
Sutradara: Nikhil Advani
Produser: Yash Johar

Berikut jalan cerita film ini sesuai dengan pengamatan saya sendiri:

Naina (diperankan oleh Preity Zinta) tinggal di New York bersama dengan keluarganya yang seringkali bahkan setiap hari dirundung masalah. Sejak kepergian ayahnya, Naina mencoba menjadi tulang punggung keluarga sehingga Naina tidak lagi memperhatikan dirinya sendiri. Naina hanya tahu bahwa dirinya harus bekerja untuk menghidupi anggota keluarganya yang tidak sedikit.

Keributan demi keributan juga seringkali terjadi di rumah itu. Hingga Naina terkadang menangis sendiri dan berpura-pura tegar di depan ibu dan adik-adiknya. Hidup di kota besar seperti New York memang membutuhkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi, wajar saja ketika salah satu atau beberapa anggota keluarga harus merasa tidak diperhatikan ketika ada keinginan yang ingin diwujudkan.

Namun, keadaan keluarga tersebut tiba-tiba terusik oleh kedatangan seorang tetangga baru yang juga berasal dari India. Aman (diperankan oleh Sharukh Khan) adalah sosok tetangga itu. Pandangan pertama sejak bertemu dengan Naina membuat Aman langsung jatuh cinta. Semangat hidup Aman kemudian muncul seketika meski sebenanrnya Aman menderita penyakit parah yang sudah sangat akut.

Segala macam cara dilakukan Aman untuk membuat keluarga Naina menjadi keluarga yang bahagia. Usaha demi usaha dilakukan Aman untuk membuat Naina tersenyum. Maklum saja, Naina sepertinya sudah lupa arti tersenyum akibat kesibukannya setiap hari untuk membantu menopang kehidupan keluarganya.Dan suasana kemudian berubah. Keluarga Naina menjadi lebih ceria lagi. Yang paling membuat haru adalah timbulnya cinta dari dalam hati Aman yang semakin dalam untuk Naina. Naina menyadari itu namun Naina tidak mau mengambil keputusan dengan cepat karena ketakutan akibat luka masa lalu. Meski sebenarnya  ada sosok yang sangat sering mengharapkan perhatian Naina, yaitu Rohit (diperankan Saif Ali Khan). Tetapi, Naina belum mampu mencintainya.

Naina berubah menjadi wanita yang ceria dan penuh suka cita serta cinta. Di dalam hatinya tumbuh cinta untuk Aman. Meski Naina tak mampu mengutarakannya.

Hari demi hari kesehatan Aman semakin memburuk tetapi justru cintanya kepada Naina semakin dalam. Hingga kemudian Aman harus bersandiwara jika dirinya sudah memiliki istri dengan memperlihatkan foto dirinya bersama dengan seorang wanita yang memakai gaun pengantin kepada Naina. Padahal wanita di foto itu adalah dokter yang selama ini menangani penyakitnya.

Melihat foto itu, Naina seketika berubah menjadi kecewa dan menyesali perasaannya ke Aman. Seketika itu pula Naina menganggap bahwa semua laki-laki tidak mampu membuatnya bahagia. Aman kemudian juga menangis karena dirinya telah tega membuat orang yang dicintainya kembali bermuram durja. Tetapi, Aman menyodorkan Rohit dengan cara yang bijak meski hatinya terluka.

Aman membuat Rohit menikahi Naina. Rasa haru dan juga bahagia harus ditunjukkan Aman di depan Naina sebagai bentuk perwujudan maafnya karena tak mampu memberikan lebih kepada Naina. Meski Aman mempunyai rasa sakit, jiwa dan fisiknya bersatu menjadi duka di hari pernikahan Naina. Sesekali Aman mengamati Naina dari jauh saat mempersiapkan diri dalam pernikahannya. Adegan yang sangat menyesakkan dada.

0 300x225 Kal Ho Naa Ho   Pengorbanan Cinta Sejati

Aman dalam film Kal Ho Naa Ho menjadi sosok yang berumur pendek dengan penyakitnya. Tetapi segala jenis kebaikan telah diperbuatnya sebelum meninggal. Naina juga hadir di saat terakhir Aman akan pergi untuk selamanya. Naina tak kuasa menahan tangis dan menyesal karena sempat membenci Aman akibat ketidakterusterangannya akan cinta yang dimiliki Aman untuk Naina.

Film India Kal Ho Naa Ho telah berhasil menguras air mataku sebagaimana jalan ceritanya yang begitu membuat haru biru. Kal Ho Naa Ho mencoba memahamkan kita sebagai penontonnya untuk memahami arti dari membahagiakan seseorang yang dicintainya. Berkorban adalah salah satu jalan untuk membuktikan bahwa cinta kita benar-benar sejati.

Ketika mencintai seseorang, berusaha membuatnya bahagia adalah salah satu bentuk bukti kalau cinta itu memang murni adanya tanpa harus menuntut balasan apa-apa. Merelakan kekasih hati untuk dinikahi orang lain karena yakin bahwa diri tak mampu membuatnya lebih lama dalam kebahagiaan adalah salah satu bentuk kesejatian cinta.

Cinta tidak pernah memaksa untuk memiliki. Bahkan cinta memberikan kebebasan terhadap apa yang dicinta. Jika harus memaksa diri dengan cinta itu dan akhirnya justru membuat orang yang dicinta, itu bukan lagi cinta tetapi hawa nafsu semata

Belajar memaknai cinta membutuhkan pengorbanan yang tidak satu atau dua kali. Tetapi diupayakan berkali-kali walau air mata dan rasa sakit menjadi konsekuensinya.


Diposting oleh Chemist Rahmah 9 Komentar
 
   

9 komentar untuk “Kal Ho Naa Ho – Pengorbanan Cinta Sejati”

  1. menarik postingannya ya…:)

    [Balas Komentar]

    Chemist Rahmah Reply:

    @kontraktor bangunan,

    Makasih :D
    FFilm lama tetapi sarat makna dan hikmah

    [Balas Komentar]

  2. nurul says:

    maap nie,tp foto nya blh d tambahin gk?

    [Balas Komentar]

    Chemist Rahmah Reply:

    @nurul,

    foto apa yah? saya menulis makna ttg film bukan sekedar memajang fotonya ^^v

    [Balas Komentar]

  3. Arif Rosikhudin says:

    iya, film ini sangat menguras air mata dan penuh dengan haru biru ;(

    [Balas Komentar]

    Chemist Rahmah Reply:

    @Arif Rosikhudin,

    semoga air matanya gak habis :)

    [Balas Komentar]

    Arif Rosikhudin Reply:

    @Chemist Rahmah,
    tidak dong ! :D

    [Balas Komentar]

  4. Arif Rosikhudin says:

    @Chemist Rahmah,
    tidak dong ! :D

    [Balas Komentar]

  5. syauqas says:

    film nya bagus,romatis,dan juga mengharukan….

    [Balas Komentar]

Silahkan berkomentar disini :

Jun
27
2012