Inilah Saya sebagai #50FinalisSB2014

Huaaahhh… selamat siang Emak-Emak hebat semuanya…

Kali ini giliran saya untuk mempromosikan diri dalam rangka mengikuti seleksi II #50FinalisSB2014 yang ada diadakan oleh grup tercinta kita, #KEB.

#50FinalisSB2014

Sebenarnya ada rasa tak percaya jika harus masuk lagi ke dalam #50FinalisSB2014 karena tahun sebelumnya telah gagal melenggang ke babak selanjutnya pada event #SB2013 lalu, yang juga masuk sebagai 50 Besar. Namun, waktu terus berjalan dan setiap orang pasti memiliki perubahan yang menjadikan diri jauh lebih baik dari sebelumnya, bukan?

Baiklah, nama saya sebenarnya sangat singkat yaitu, Rahmah. Lahir di Maros, 18 November sekitar 29 tahun yang lalu. Akrab disapa Amma atau Amma Chemist. Nama “chemist” sengaja saya lekatkan karena saya sangat mencintai “kimia”. Terbukti karena sejak duduk di bangku SMA, saya sudah diangkat oleh guru senior kimia saya sebagai asisten dalam materi praktikum di laboratorium. Selain itu, pada saat berada di bangku kuliah, saya pun menghabiskan waktu untuk mengabdikan ilmu sebagai asisten luar biasa di laboratorium kimia dengan beberapa cabang ilmu kimia, seperti Kimia Anorganik, Biokimia dan Kimia Analitik. Tak hanya itu, karena kecintaan dan keuletan yang saya miliki, beberapa dosen kimia mengangkat saya sebagai asistennya untuk mengajar di kelas ataupun sekedar membimbing adik tingkat dalam menjalani perkuliahan.

Tak berhenti hanya sampai Strata I, mendiang Ayah saya melihat kesungguhan saya dalam menuntut ilmu sehingga menganjurkan untuk terus belajar di bangku kuliah program Strata II. Walhasil bisa selesai studi sebelum masa yang seharusnya ditetapkan. IPK memang tidak cumlaude, tetapi sudah memiliki pegangan nilai untuk masuk ke tahap Strata III. Tetapi, karena menikah impian itu saya pending dulu karena mengingat usia juga sudah memungkinkan untuk menikah. Oya, saya pun merantau mengabdikan ilmu kimia saya di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, namun karena alasan internal saat ini off untuk sementara waktu.

Awal mengenal dunia blog sejak 2008 dan semakin serius menekuninya sejak tahun 2011 (setelah Strata II selesai). Banyak hal yang bisa saya lakukan dengan blog. Dan yang membuat saya mencuat di dunia per-blogger-an adalah saat tulisan saya bisa mendatangkan bantuan donasi kepada sebuah sekolah (MA di wilayah Maros, SulSel) yang “sangat tidak layak” sebagai tempat menuntut ilmu. Tulisan saya saat itu bertema “Sekolah Kandang Sapi”. Dan tidak bisa dipungkiri akhirnya ketika kopdar dengan para “mastah blog” dari Sabang sampai Merauke tahun 2011 di Sidoarjo, mereka menyebut saya dengan “Mbak Rahmah Kandang Sapi”. Malu? Tidak. Justru saya senang karena bisa membantu sekolah tersebut.

Sekarang statusnya sudah menjadi istri dari lelaki Jawa. Bertemu suami pun semua karena aktivitas ngeBLOG. Jadi tidak semua dunia maya membawa kepalsuan lho… Buktinya, sangat bersyukur memiliki suami seorang blogger yang pengalamannya sudah banyak (tetapi lebih senang di belakang layar dan tidak suka memunculkan diri ke permukaan). Dari suami saya mendapatkan semangat tambahan untuk ngeBLOG. Semangat ngeBLOG saya kemudian terus terjaga sejak bergabung di #KEB. Apalagi kebanyakan emak-emak yang malah sudah memiliki anak. Saya belajar manajemen waktu ngeBLOG tanpa meninggalkan kewajiban sebagai istri dan sekarang adalah calon Ibu ^_^ *kehamilan sudah memasuki usia 4 bulan* Jika banyak yang tidak melihat saya berseliweran di grup #KEB bukan berarti saya tak ada. Lebih banyak mengamati dan belajar di balik layar juga jadinya ^_^

Saat ini bersama suami mengembangkan bisnis online dalam bidang penerbitan, penjualan buku online (kerjasama dengan penulis) dan percetakan. Bisa dilihat di http://rajaundangan.com  http://agenbuku.com dan http://nerbitkanbuku.com Selain itu terkadang saya menerima job menulis artikel untuk pajang di blog (baik untuk blog personal maupun web orang lain), menerima anak-anak (mulai SD-SMA) yang membutuhkan tenaga pengajar privat (online maupun offline). Diangkat juga sebagai konselor (via online) di Bravo Institute, tempat kursus/bimbingan yang ada di Maros, Sulawesi Selatan. Saat ini sudah memiliki beberapa Buku Antologi, seperti Mayaseries, Bidadari Berkostum Badut, dll sebagai kontribusi saya di dunia kepenulisan. Menjadi salah satu Deklarator sebuah Komunitas kepenulisan (Writing Revolution Indonesia). Jika tak menemukan update postingan saya di blog http://chemistrahmah.com bukan berarti tak ngeBLOG. Justru karena kesenangan ngeBLOG maka lahir pula blog saya yang berisi review buku http://resensikata.com (tulisan masih sedikit karena benar-benar baru). Ada beberapa blog dengan “niche” berbeda yang juga harus saya isi sebagai cara saya menghasilkan pundi rupiah melalui blog. Mungkin juga alasan-alasan tersebut menjadikan panitia memilih saya sebagai #50FinalisSB2014.

Inilah Saya sebagai #50FinalisSB2014

NgeBLOG banyak mendatangkan manfaat buat saya. Diantaranya: Jalan-jalan gratis ke Manila, Filipina (2012) dalam rangka #ResortWorldManilaTrip bersama #StarCruises sebagai wakil blogger Indonesia yang dinaungi oleh #IDBlogNetwork. Jadi Emak of The Month September 2013 di #KEB. Juara II artikel terbaik tentang “Dunia Digital” (2011), dan beberapa lomba blog yang berhasil menjadikan saya sebagai juara, mulai juara I hingga juara harapan 😀 Pernah jadi speaker untuk membahas “Manfaat NgeBLOG bagi WorkingMom” dalam event Mother & Baby Fair 2013 di Surabaya. Untuk event #KEB sendiri pernah didaulat sebagai Koordinator untuk acara #MeetChefArnold di salah satu mall terkemuka di Surabaya (2013) serta Koordinator untuk event #Bebestar2013 di Maros, Sulawesi Selatan yang mencari anak-anak berbakat dan dirangkaikan dengan #MiniWorkshop seputar Bakat Anak.  Dan yang paling membanggakan di awal tahun 2014 ini adalah blog personal saya, http://chemistrahmah.com menjadi #TopBlogIndonesia2013 versi http://topblogindonesia.com.

Apa yang saya lakukan dengan ngeBLOG mungkin belum begitu “cetar membahana” tetapi akan terus berusaha memberikan yang terbaik melalui BLOG ^_^ apalagi sudah terpilih sebagai salah satu #50FinalisSB2014.

Pengalaman ngeBLOG saya di sebuah agensi advertising bisa dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=3EECmHXeIII or http://www.youtube.com/watch?v=K9uWd94EyTY

Oya, saya ingin mengajak emak-emak semua untuk menambah stok pahala dengan ikut #KEBPeduliBencana Caranya mudah, Transfer donasi ke Rekening BCA KEB an. Irma Susanti ACC 0662857546 atau ke Rekening Mandiri an. Mira Nurfahlia Sahid ACC no1560003681758 dan konfirmasi SMS ke 081389095599/085210334998. Yuk, Mak! Kita berbagi untuk sesama. Sekecil apapun akan tetap dinilai ibadah, insya Allah…

KEBPeduliBencana

Oke, Mak… Sekian dari saya… Semoga semuanya tetap sehat dan semangat ngeBLOG pastinya 😀

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
8 Responses to “Inilah Saya sebagai #50FinalisSB2014”
  1. cputriarty says:
  2. Una says:
  3. Lidya says:
    • Chemist Rahmah says:
  4. SlameTux says:
  5. Andi Agus Salim says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *