Hikmah Puasa 2013: Momen Langka di Bulan Ramadhan bersama Orang Tua

Menjalani ibadah puasa Ramadhan yang hadir sekali dalam setahun tentu memberikan kenangan tersendiri. Beranjak dari Ramadhan satu ke Ramadhan berikutnya adalah bukan kondisi yang selalu sama. Meskipun sahur, puasa, berbuka, tilawah serta shalat tarawih menjadi rutinitas ibadah yang menjadi tandanya.

Rutinitas sahur, puasa, berbuka dan aktivitas yang identik dengan Ramadhan lainnya tentu akan sangat nikmat jika dijalani bersama orang-orang terkasih. Siapa lagi jika bukan orang tua. Apalagi jika kedua orang tua masih hidup, tentu genaplah sudah kebahagiaan Ramadhan yang selalu datang setiap tahunnya.

Kini, Ramadhan kembali menjamu dengan janji pahala yang berlimpah ruah. Segala aktivitas yang diniatkan ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu contoh kecil jika kita sebagai anak membantu orang tua dalam pekerjaan sehari-hari. Biasanya momen yang paling sering dilakukan oleh seorang anak adalah menemani orang tua, khususnya ibunda, dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa. Jika selama ini rutinitas pekerjaan menyita waktu, tak ada salahnya terjun ke dapur membantu ibunda menyiapkan makanan. Apalagi kalau bulan Ramadhan, jam kantor menjadi berkurang. Sungguh kesempatan untuk mempererat kasih sayang dengan ibunda.

Kenikmatan menyantap menu sahur dan berbuka bersama orang tua tak akan bisa digantikan dengan apapun. Sebab, tak ada jaminan jika Ramadhan selanjutnya orang tua masih bersama kita, bukan? Jangankan orang tua, kita saja belum tentu diberi kesempatan untuk merasakan kenikmatan Ramadhan selanjutnya oleh Allah. Semua rahasia-Nya. Situasi makan bersama adalah salah satu usaha untuk terus mengentalkan kasih sayang antara orang tua dan anak.

Tak hanya sahur dan berbuka. Shalat tarawih berjamaah setiap hari di bulan Ramadhan juga menjadi momen HIKMAH PUASA yang paling menyenangkan. Ada ketentraman yang menyirami relung-relung hati, baik itu anak maupun orang tua. Bersama-sama menegakkan shalat berjamaah untuk mencapai ridho-Nya adalah pemandangan keluarga yang sakinah dan berkah.

Tilawah al Quran juga menjadi salah satu momen yang paling ditunggu saat Ramadhan tiba. Saling mengajarkan al Quran akan memberikan keutamaan. Di dalam setiap huruf akan dinilai ibadah. Bagaimana jika sampai khatam? Tentu pahala jauh lebih banyak dan dapat menjadi tabungan akhirat. Alangkah bahagianya jika seluruh anggota keluarga, anak dan orang tua, mendapatkan tempat yang tinggi di surga karena melakukan tilawah al Quran, apalagi di bulan Ramadhan.

Hmmm… Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Momen langka bersama orang tua seharusnya menjadi HIKMAH PUASA dan hal positif yang kelak akan dirindukan. Tentu saja ada banyak ragam aktivitas lainnya yang bisa dilakukan bersama orang tua selain yang tersebutkan di atas. Pastinya, sungguh bersyukur bisa menjalani Ramadhan tahun ini masih bersama orang tua. Masihkah Ramadhan tahun depan dapat dijalani bersama orang tua? Tentu jawabannya kembali pada kehendak-Nya.

Hikmah Puasa 2013: Momen Langka di Bulan Ramadhan bersama Orang Tua

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
4 Responses to “Hikmah Puasa 2013: Momen Langka di Bulan Ramadhan bersama Orang Tua”
  1. Lusi says:
    • Chemist Rahmah says:
  2. Lidya says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *