Deteksi Dini Kanker Payudara

Deteksi Dini Kanker Payudara – Jujur saja saat menuliskan ini ada rasa ngilu tiba-tiba di bagian payudara. Mungkin karena masih “takut” kalau berbicara soal kanker yang jadi momok hampir semua perempuan di dunia. Siapa sih yang mau jadi penderita penyakit ini?

Bulan Oktober lalu, saya melihat beberapa postingan teman-teman seputar kanker payudara. Ya, Oktober memang ada selebrasi Breastcancer Awareness Month. Mau nggak mau harus baca demi pengetahuan awal dan sebagai metode “jaga-jaga” agar kanker satu ini tidak dialami. Pun jika dialami, harus tahu bagaimana harus bertindak yang benar. Sebab, payudara menjadi karunia Tuhan yang sangat berharga. Kesempurnaan perempuan memang salah satunya ada pada sehatnya payudara. Dengan payudara juga, kelak menjadi sumber ASI bagi buah hati.

Bagaimana Mendeteksi Ciri-Ciri Kanker Payudara?

Pertanyaan ini juga sejatinya memaksa saya untuk mencari jawabannya. Dan dari berbagai sumber, kanker payudara bisa dicegah dengan cara mendeteksi ciri-ciri kanker payudara sejak dini. Adapun ciri-ciri kanker payudara sebagai berikut:

  • Benjolan di sekitar payudara
  • Perubahan ukuran payudara (kanan dan kiri tidak simetris)
  • Terdapat kerutan di sekitar payudara (meskipun di usia lanjut memang payudara berkerut)
  • Keluar cairan berwarna putih bening dri puting secara tiba-tiba
  • Merasa nyeri di bagian payudara dengan nyeri yang terus-menerus
  • Payudara terlihat Kemerahan dan Bengkak
  • Puting susu masuk ke dalam
  • Gatal, bersisik dan terjadi ruam di area puting susu

Secara khusus untuk lebih meyakinkan diri, biasanya di pihak medis akan memberikan tawaran untuk tes diagnosa kanker payudara. Diagnosanya menggunakan dua metode tes, yaitu:

Sumber gambar: http://faktakanker.com/kanker-payudara/ciri-ciri-kanker-payudara

  • Mammogram; tes ini memanfaatkan sinar X untuk mengetahui jenis sel yang ada di dalam payudara. Jika terkena kanker, maka dengan sinar X dapat terlihat.
  • Biopsi; tes ini mengambil sedikit cairan yang berada di area payudara untuk kemudian diuji dalam laboratorium mengenai jenis sel yang ada dalam payudara. Tes ini tindak lanjut setelah merasakan beberapa ciri-ciri dari kanker payudara di atas.

Bagaimana Solusi Jika Sudah Terkena dengan Kanker Payudara?

Jawaban untuk pertanyaan ini tentu saja harus langsung ke dokter. Beragam tindakan medis harus dilewati dan dijalani dengan sabar dan ikhlas. Sebab kesembuhan pun membutuhkan usaha selain terus berdoa pada Tuhan. Selalu mengikuti saran dokter untuk hal-hal berupa makanan, pola hidup dan juga jenis olahraga yang menunjang penyembuhan.

Nah, bagi perempuan Indonesia dimanapun berada, jangan tunda untuk mendeteksi dini kanker payudara. Siapa pun bisa terkena. Tak harus menunggu usia tua. Saat ini baik tua maupun muda, kanker payudara bisa saja terus mengintai. So, let’s prepare ourselves to prevent the breastcancer…!

Tulisan ini diikutkan dalam Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness

Deteksi Dini Kanker Payudara

5 Responses to “Deteksi Dini Kanker Payudara”
  1. Alris says:
  2. Lusi says:
  3. eda says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *