Contoh Resensi Buku Ilmiah

Buku Photochemistry Contoh Resensi Buku IlmiahJudul buku : Principles and Application of Photochemistry

Penulis : Brian Wardle

Penerbit : John Wiley & Sons, Ltd

Cetakan Ke-: Pertama

Tahun Terbit: 2009

Jumlah Halaman : 267 halaman

ISBN : CLOTH 9780470014936, PAPER 9780470014943

Buku Principles and Applications of Photochemistry ini bertujuan untuk memberikan pemaparan materi dan hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dan aplikasi dari fotokimia.  Dilihat dari buku ini, mulai dari Bab 1 dan 2, hanya merupakan pengantar umum sebagai konsep dari materi dan cahaya serta cakupan adanya interaksi dalam bentuk sebuah elektron. Materi yang disajikan dalam Bab 3-6 berkaitan dengan proses penonaktifan elektron yang berada dalam keadaan tereksitasi. Bab 7 dalam buku ini memberikan gambaran tentang sifat – sifat  kimia dan perbedaan antara reaksi fotokimia dengan reaksi termal (suhu).  Bab 8 dan 9 mencakup reaksi-reaksi yang terjadi pada proses fotokimia.  Bab 10 memberikan pembahasan tentang mekanisme reaksi fotokimia. Bab 11 dan 12 berisi gambaran penggunaan reaksi-reaksi fotokimia dalam proses pembangunan dan kemajuan teknologi sains saat ini.

Buku ini sudah menambah pustaka buku-buku ilmiah yang khusus membahas tentang salah satu reaksi kimia khusus yang menggunakan cahaya (fotokimia). Buku ini hadir untuk memberikan wawasan kepada peneliti serta mahasiswa-mahasiswa sains, baik jurusan kimia maupun yang menekuni reaksi fotokimia dalam studinya untuk lebih memahami reaksi-reaksi serta mekanismenya. Buku ini terbilang baru karena diterbitkan pada tahun 2009 sehingga info dan teori-teori baru sudah tercakup di dalamnya.

Kelebihan Buku ini menurut saya adalah:

1. Sistematik, sangat mudah dipaham. materi disusun secara teratur mulai dari konsep pemahaman hingga pembahasan tentang reaksi-reaksi yang bersangkutan.

2. Terdapat gambar dan grafik sehingga pembaca tidak terkesan mengkhayal ketika dijelaskan tentang bagaimana sebuah reaksi terbentuk.

3. Kemudahan mengakses buku ini dengan tersedianya dalam bentuk ebook.

4. Desain sampul buku menarik dan penuh warna sehingga sangat tertarik untuk lebih mengetahui isi dari buku tersebut.

5. Kalimat-kalimat atau penggunaan bahasa yang disajikan dalam buku ini tidak sulit untuk dimengerti.

Kelemahan Buku ini menurut saya adalah:

1. Jenis huruf yang monoton dan berada dalam satu warna.

2. Adanya banyak halaman yang kosong sehingga penggunaan kertas yang tidak efisien

3. Gambar yang disajikan tidak berwarna (hanya sampulnya saja yang full color)

Resensi di atas merupakan bentuk aplikasi dari Cara Menulis Resensi Buku Ilmiah sebelumnya. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, silakan menggunakan kolom komentar di bawah postingan ini.

One Response to “Contoh Resensi Buku Ilmiah”
  1. Mahfuzh says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *