Cara Menulis

Cara Menulis – Jika melihat judul postingan saya kali ini, tentu saja terbayang dibenak kita masing-masing adalah teknik yang harus diketahui di dalam melakukan sebuah aktivitas yang disebut dengan “menulis”. Banyak yang bisa ditulis. Sebab kemampuan untuk membaca juga ada.

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga, jika menulis sesuatu harus memperhatikan tata cara yang baik dan benar agar menarik untuk dibaca. Sangat disayangkan jika apa yang kita tulis kemudian tidak ada yang tertarik untuk membaca.

Mengapa kita penting untuk mengetahui cara menulis yang baik dan benar?

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, menulis sudah seharusnya memiliki teknik yang baik dan benar. Sebab, apapun yang kita tulis sudah seharusnya mampu memberikan manfaat kepada orang lain. Jangan sampai apa yang kita tuliskan justru membuat orang menjadi salah persepsi dan akhirnya salah dalam bersikap/bertindak. Cara menulis yang baik dan benar penting untuk diketahui sebagai salah satu faktor yang memperkuat referensi seseorang terhadap sesuatu hal.

Bagaimana cara menulis yang baik dan benar itu?

Tulisan adalah sesuatu yang dapat menarik perhatian orang-orang jika kita mengetahui cara menulis yang baik dan benar. Berikut cara menulis yang baik dan benar:

1. Judul yang menarik

Judul sebagai penentu datangnya pembaca, jadi usahakan judul semenarik mungkin.

2. Fokus pada satu tema

Judul yang dibuat tidak boleh melenceng dari tema yang diangkat dan mengusahakan sedemikian rupa agar tetap fokus (tidak melebar ke tema-tema yang lain) sehingga tulisan terkesan tidak “hambar”

3. Tulisan sebaiknya inspiratif, komunikatif, informatif dan kreatif

Inspiratif sehingga menjadi faktor motivasi pada pembaca, ada interaksi secara tidak langsung, tertulis berbagai info yang mampu menambah wawasan pembaca dan tulisan harus lain daripada yang lain

4. Jenis huruf

Huruf tulisan disesuaikan dengan standar penulisan yang baku

5. Niatkan untuk ibadah

Jika menulis sudah diniatkan untuk ibadah, maka menulis akan menentramkan jiwa sehingga terlahir tulisan-tulisan yang memang khas dan seakan menjadi kewajiban untuk menulis

Demikian cara menulis yang baik dan benar sesuai dengan pemahaman saya selama ini dari berbagai sumber pembelajaran yang saya ikuti. Semarakkan dunia dengan tulisan-tulisan berkualitas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *