Cara Menulis Cepat

Cara Menulis Cepat – Salah satu hal yang ingin diketahui oleh para penulis baik online maupun offline adalah cara menulis cepat. Sebab, tuntutan pekerjaan sebagai penulis membutuhkan keahlian khusus yaitu mengetahui bagaimana mengelola sebuah ide dalam bentuk tulisan dengan cepat. Keahlian ini tidak dimiliki oleh semua orang karena juga dipengaruhi oleh background mereka sendiri untuk menempuh perjalanan sebagai seorang penulis.

Penulis setidaknya memiliki keahlian dan mengetahui cara menulis cepat agar benar-benar tulisan dapat dibuat tanpa harus membuang-buang waktu lama. Sangat disayangkan jika tulisan bagus tetapi proses penulisannya sangat lama.

Berikut adalah beberapa cara menulis cepat agar setiap orang mampu menulis dengan memperhatikan efisiensi dan efektivitas waktu:

1. Luangkan waktu!

Menulis memang membutuhkan waktu, sehingga setiap penulis harus menyiapkan waktu khusus untuk melakukan pekerjaan menulis ini. Waktu yang luang akan sangat membantu agar ide dan mood menyatu sehingga tulisan tetap selesai dengan waktu yang ada.

2. Jaga Ide dan Mood!

Banyak penulis yang ketika sudah memulai menulis, harus menghentikannya di tengah jalan akibat terbentur ide dan mood. Sebaiknya, ketika ide dan mood sudah ada segerakan menulis dan jangan menunda.

3. Singkirkan Blackberry, iPad, Tablet dan Smartphone lainnya!

Hal ini untuk mencegah gangguan eksternal sehingga konsentrasi menulis pecah dan akan sangat sulit untuk membuatnya fresh kembali

4. Tutup Aplikasi Facebook, Chatting, Twitter dan Media Sosial Lainnya!

Sebab, hal ini sangat mengganggu penulis untuk menuliskan idenya karena keinginan untuk membalas komentar di FB, nge-twit atau bahkan ngobrol/ngerumpi dengan teman maya. Jika ingin menulis, sebaiknya semua aplikasi tersebut di non aktifkan.

5. Disiplin dengan Waktu Menulis!

Jika dalam kehidupan anda sebagai penulis sudah menentukan waktu untuk menulis, maka jadikan waktu itu sebagai sesuatu yang wajib dilakukan. Jangan pernah melanggar aturan waktu tersebut karena keberhasilan juga dimulai dari kedisiplinan akan sesuatu.

Cara menulis cepat yang ditampilkan di atas ini menjadi salah satu referensi bagi siapapun yang ingin menulis dan tidak hanya teruntuk bagi penulis saja. Jika kita mampu menulis dan mencerdaskan bangsa lewat tulisan, maka cara menulis cepat akan mewujudkannya dengan waktu yang cepat pula.


Diposting oleh Chemist Rahmah 4 Komentar
 
   

4 komentar untuk “Cara Menulis Cepat”

  1. Lely says:

    stuju banget mbak…. mksh,,,
    *bner gk mari2 nulisnya klo hp dan teman2nya ada dideket qta.. hohooo… :)

    [Balas Komentar]

    Chemist Rahmah Reply:

    @Lely,

    hehehe
    silakan dicoba aja :D

    [Balas Komentar]

    Lely Reply:

    udah mbak lha ya iku… bner kata smpean… hemmm… pokok’e gk selese2 dech nulisnya nek hp dkk kie neng sblah qta… :D

    [Balas Komentar]

    Chemist Rahmah Reply:

    @Lely,

    heheheheh…
    tinggalkan kalau begitu agar lebih produktif :D

Silahkan berkomentar disini :

May
3
2012