Cara Atasi Fobia Air a la Elisa Karamoy

Cara Atasi Fobia Air a la Elisa Karamoy – Fobia air? Siapa yang terkena sindrom fobia air? Jawabannya adalah 70% saya sendiri. Sejak kapan saya fobia air? Sejak saya hampir mati karena celana panjang yang saya kenakan di dalam air terinjak oleh seorang teman. Peristiwa itu sukses membuat saya minum banyak air asin dan hilang keseimbangan.

Cara Atasi Fobia Air a la Elisa Karamoy

Peristiwa yang terjadi saat saya akan masuk ke jenjang SMA itu adalah acara perpisahan. Tanjung Bayam, Makassar menjadi tempat dimana saya memulai fobia air. Saya jadi was-was luar biasa ketika melihat air banyak. Bahkan bak mandi penuh pun saya takut. Untunglah tidak berlangsung lama. Trauma yang melanda ternyata tidak permanen. Bingung jadinya jika tidak ada langkah untuk mengobati. Sampai sekarang, masih tersisa fobia air meskipun hanya sekian persen saja.

Nah, blogwalking ke teman-teman arisan dunia maya, saya melihat salah satu postingan Mbak Erlisa Karamoy. Di salam blog sederhana miliknya terdapat postingan bagaimana mengatasi fobia air. Supaya tidak penasaran, ini cara atasi fobia air a la Bu Erlisa (saya memanggil “Bu” karena usianya memang sepantaran dengan ibu saya plus anak beliau sudah 3 dengan usia beranjak remaja):

  • Hypnotheraphy; cara ini dengan memberikan sugesti pada orang fobia air
  • Flooding; cara ini dilakukan dengan mendekatkan orang yang fobia dengan objek air (sebagai sesuatu yang ditakuti)
  • Reframing: cara ini dilakukan dengan mengembalikan kenangan masa lalu orang yang fobia air tersebut ke awal peristiwa yang terjadi di masa lalu. Semacam flashback
  • Obat-obatan; cara ini dilakukan untuk penyembuhan sekaligus menenangkan atas efek samping yang terjadi pada orang yang fobia. Karena terkadang ada yang menunjukkan efek samping seperti histeris, menangis bahkan ketakutan yang berlebihan.

Cara atasi fobia air  di atas bisa dipraktekkan lho. Oiya, saya pun tak hanya mengambil manfaat ini pada blog Bu Erlisa. Saya pun banyak belajar soal parenting yang ada di dalam blog beliau. Ada kesamaan ternyata antara saya dan beliau. Apa itu? Ya, kami sama-sama pernah bekerja sama dengan Morinaga untuk campaign susu formula.

Kalau mau tahu lebih dekat dengan Bu Erlisa, bisa mengunjungi blog beliau di www.erlisakaramoy.com  atau ke akun media sosial beliau di IG atau Twitter @mutia_karamoy

Nah, kalau kamu sendiri punya cerita apa soal fobia?

7 Responses to “Cara Atasi Fobia Air a la Elisa Karamoy”
  1. Rani R Tyas says:
  2. dWi (nining) says:
  3. Ria says:
  4. Alfa Kurnia says:
  5. cputriarty says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *