Blogilicious 2012 Maros Guncang Aula Kantor Bupati (Day 2)

Blogilicious 2012 Maros Mengguncang Aula Kantor Bupati (Day 2)Amazing! Speechless! adalah kata-kata yang mungkin mampu mewakili pandangan mata dan perasaan saya ketika berada di Blogilicious 2012 yang diselenggarakan di Kota Maros.

Tulisan saya berikutnya adalah tentang apa yang saya amati pada hari kedua Blogilicious 2012 Maros. Sebagaimana yang sudah saya paparkan panjang lebar pada tulisan saya sebelumnya bahwa Blogilicious 2012 Maros Mengguncang Aula Kantor Bupati, pada hari kedua semakin heboh saja nampak pada kedua mata saya.

Blogilicious 2012 Maros yang sudah terlaksana sejak kemarin (tanggal 1 September 2012) membawa kehebohan tersendiri. Para peserta semakin memperlihatkan antusiasnya yang ditandai dengan hadirnya mereka di lokasi acara sebelum pukul 07.00 WITA. Bagian registrasi sudah dipenuhi para peserta yang akan registrasi ulang lagi. Padahal panitia Blogilicious 2012 Maros yang bertugas pada bagian Registrasi belum datang (masih dalam perjalanan menuju lokasi). Hal ini semakin memperlihatkan bahwa masyarakat, khususnya pemuda-pemudi Maros, sangat haus akan ilmu tentang dunia blogging. Para peserta Blogilicious 2012 Maros seolah terbius dengan materi yang disajikan pada hari pertama.

Beberapa menit sebelum materi blogging dimulai, MC dan sebagian panitia mencairkan suasana Aula Kantor Bupati yang sudah disesaki dengan peserta. Kondisi yang lebih ramai dan padat dibandingkan pada hari pertama. Bahkan AC yang lumayan banyak terpasang di dalam aula seolah tidak berfungsi karena sking banyaknya peserta yang saling berebut Oksigen secara tidak langsung. Olehnya itu saya hanya mengamati semuanya dari belakang. Aura peserta yang begitu menggila akan event ini (baca: Blogilicious 2012 Maros) menghangatkan suasana aula dalam arti sebenarnya.

Sekitar Pukul 08.45 WITA, materi pertama di hari kedua Blogilicious 2012 Maros yaitu tentang Search Engine Optimization atau seringkali akrab disebut SEO. Materi yang termasuk penting dalam dunia blogging ini dibawakan dengan apik oleh Mas Gempur Abdul Ghofur sebagai owner dari Gempur Media.  Materi dibawakan dengan begitu menarik interaksi peserta ditambah lagi penuturan materi yang sesekali mengundang tawa para peserta sehingga suasana tidak kaku dan menjenuhkan.

Respon dan Antusias Peserta

Setelah materi SEO, dilanjutkan dengan Blog Monetizing oleh Mas Kukuh Tw yang berduet dengan Mas Radityo yang membawakan materi tentang ID BlogNetwork. Ternyata oh ternyata foto saya terpajang pada salah satu slide presentasi dari mereka berdua. Kok bisa? Ya, saya juga tidak tahu kalau demikian. Saya diabadikan karena Februari 2012 lalu terpilih sebagai satu-satunya Blogger IBN yang berangkat ke Manila, Filipina dalam rangka #RWMTrip atau Resort World Manila. Tak perlu dibahas panjang di postingan kali ini. (Ntar disangka promosi #ihik).

Materi yang dibawakan cukup elegan oleh kedua orang hebat IBN ini menjadikan peserta seperti terhipnotis untuk segera mendaftarkan diri ke PT. Digital Media Kreatif (ID BlogNetwork). Terbukti benar perkataan saya, sebab ada salah satu peserta Blogilicious 2012 Maros bahkan panitia yang mendekati saya untuk diberikan rekomendasi. Rekomendasi? Untuk apa? Rekomendasi ini diperlukan untuk mendaftarkan diri ke IBN sebagai salah satu penguat bahwa yang bersangkutan benar-benar serius untuk menjadi Blogger IBN.

Oh iya, disela-sela materi, Mas Kukuh memberikan kuis berhadiah “Job Review”. Wow!!! Sebuah peluang untuk mendapatkan uang dengan menulis sesuatu di blog. Job Review yang dibagikan tersebut ternyata senilai Rp. 1.000.000,-. Keren banget deh bisa PO dari IBN karena JR. Dan ucapan selamat kuhaturkan untuk sahabatku dalam dunia kepenulisan, Mbak Nunu Amir, yang menjadi pemenangnya. Selamat yah, kakak!

Setelah materi kedua selesai, Mas Benny Chandra sebagai wakil dari Mozilla Firefox Indonesia memaparkan materi tentang Mozilla. Beliau kemudian menginformasikan bahwa saat ini terdapat fitur baru pada Mozilla yang disebut dengan Mozilla Webmaker. Antusias peserta semakin tinggi sebab Mozilla juga bagi-bagi “door prize” dengan segala jenis produk bertemakan Mozilla Firefox. Peserta yang hadir di Blogilicious 2012 Maros ini tidak rugi. Terlalu banyak hadiah yang bisa dibawa pulang jika beruntung menjawab semua tantangan panitia dan pemateri Blogilicious 2012 Maros.

Pemateri Blogilicious 2012 + Pak Aris dari UseeTV

Lunch dan waktu sholat dhuhur tiba. Sambil menikmati lunch, banyak peserta yang melakukan perbincangan kecil kepada pemateri dan juga panitia. Melampiaskan tanya dan rasa ingin tahu diluar acara, sebab waktu yang begitu terbatas untuk setiap pemateri Blogilicious 2012 Maros dalam menerima pertanyaan.

Materi yang tak kalah menariknya adalah Materi “Social Media” yang dibawakan oleh Daeng Ipul (sapa akrabku untuk beliau). Pria yang bertubuh tinggi dan rambut yang sengaja dipanjangkan ini adalah Ketua Komunitas Blogger Anging Mammiri (@paccarita).  Materi disajikan dengan penuh semangat bahkan saking semangatnya menjadikan peserta terpukau. Menyaksikan aksi beliau dari posisi bagian belakang peserta saja saya juga ikut terpukau. Mantap mentong!!! Kemampuan beliau menjadikannya dipercaya untuk menjadi Ketua Blogger Nusantara 2012 yang akan diadakan di Makassar pada 9-11 November 2012 mendatang. Jangan lupa datang yah!

Sebagai materi terakhir dari event Blogilicious 2012 Maros ini, Mas Terren dan Kak Ansari dipanelkan untuk membawakan masing-masing materi “Security” dan “Design Blog”. Peserta Blogilicious 2012 Maros semakin terpukau saja dengan acara ini. Bahkan ada yang dengan spontan berkata:

“Semua Pemateri Cowok Blogilicious 2012 Maros cakep-cakep”

Hmmm… memang kenyataan sih. Terdapat pesona tersendiri dari setiap pemateri yang dihadirkan dalam Blogilicious 2012 Maros ini. Apalagi yang hadir mayoritas perempuan yang masih berusia remaja.

Tak terasa Blogilicious 2012 Maros memasuki akhir dari segala rangkaian acara yang telah digarap oleh Panitia. Sebelum penutupan, pihak sponsor @UseeTVcom yakni Bapak Aris Bahtiar yang tidak lain merupakan perwakilan Divisi Multimedia PT. Telkom mengumumkan pemenang Lomba Blog yang menuliskan tentang UseeTV. Selamat yah buat para pemenang! Sukses selalu…

Foto Bersama

Penutupan kemudian berlangsung dengan penuh khidmat. Meskipun suasana masih sangat “hot” tetapi lagi-lagi semangat peserta masih tetap stabil mengikuti event Blogilicious 2012 Maros hingga di akhir acara.

Hmmm… sudah berada di akhir tulisan, saya masih terasa speechless dengan segala yang terlihat di mata saya. Peserta yang membludak, antusias yang besar serta kepuasan pemateri dan sponsor menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya sebagai salah satu panitia Blogilicious 2012 Maros. I love you all and see you next in Blogger Nusantara 2012. Bye bye…!!!

Kenangan Blogilicious 2012 Maros ditemani Suami Tercinta (@adeesign)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *