Blogilicious 2012 Maros Guncang Aula Kantor Bupati (Day 1)

Blogilicious 2012 Maros Mengguncang Aula Kantor Bupati (Day 1)Amazing! Speechless! adalah kata-kata yang mungkin mampu mewakili pandangan mata dan perasaan saya ketika berada di Blogilicious 2012 yang diselenggarakan di Kota Maros.

Kuota peserta terbatas menjadi bahan renungan untuk ID BlogNetwork tahun depan sekaligus PR untuk lebih menjadikan Blogilicious 2013 menjadi lebih baik lagi. Kali ini, saya akan menggambarkan Blogilicious 2012 Maros yang menjadi event terbesar di kota yang terkenal dengan Surga Kupu-Kupu ini. Mulai dari hari pertama hingga rangkaian acara berakhir. Event yang mampu membius mata, telinga dan keinginan para peserta untuk menjadi “blogger positif dan kreatif”.

Tari Padduppa + Angngaru’ – Opening Ceremony

Aula Kantor Bupati Maros pukul 07.00 WITA sudah disibukkan dengan lalu lalang peserta Blogilicious 2012 Maros. Bahkan saking semangatnya mengikuti Blogilicious 2012 Maros ini, peserta sudah ada yang hadir lebih awal dari pukul 07.00 WITA. Takut tidak mendapatkan tempat. Ya, itu salah satu faktor yang membuat peserta mendatangi aula kantor Bupati lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan. Maklum saja sebab Blogilicious 2012 ini adalah event pertama tentang dunia blogging yang diselenggarakan secara besar-besaran. Blogilicious 2012 Maros diberikan kuota dari pusat (ID BlogNetwork) hanya 200 peserta saja. Sangat bahagia karena sejumlah teman lama hadir. Teman-teman dari Komunitas Anging Mammiri (@paccarita) juga menyempatkan hadir dalam acara ini. Terima kasih, kakak!

Situasi Registrasi + Gedung Sebelum Pembukaan
Blogilicious 2012 Maros

Pada hari pertama, jumlah peserta yang hadir melebih 200 orang. Aula kantor Bupati yang berkapasitas 300-400 orang terlihat hampir sesak dengan hadirnya sejumlah peserta. Semangat yang begitu besar terpancar dari wajah-wajah peserta saat melakukan registrasi ulang di lokasi acara. Apalagi panitia memberikan informasi bahwa Bapak Bupati Maros akan membuka acara sekaligus memberikan sedikit materi tentang dunia IT. Sekitar Pukul 09.45 WITA, panggung megah Blogilicious yang hening dan kosong seketika dimeriahkan oleh penampilan Sang Baco dengan akustiknya. Lagu bernuansa kebangsaan Indonesia yang dikemas dalam metode yang unik menjadikan seluruh peserta yang hadir terhibur. Suara tepuk tangan memecah kesunyian aula seketika. Antusias peserta yang sudah menanti Opening Ceremony Blogilicious 2012 Maros semakin nampak.

Setelah penampilan Sang Baco, sekitar pukul 10.00 WITA, Blogilicious 2012 Maros dibuka dengan penampilan awal “Tari Padduppa” oleh sejumlah penari. Tarian yang disajikan menjadi sesuatu yang begitu indah dan mempesona akibat dihadirkannya pula atraksi budaya “Angngaru’”. Sebuah pentas budaya yang begitu mengagumkan. Seketika sorak ramai peserta membaur dan membuat suasana semakin meriah. Rangkaian ceremonial pembukaan Blogilicious 2012 Maros berjalan satu demi satu yang dibawakan oleh Duo MC yang cantik. Meski Bapak Bupati tidak sempat hadir membuka acara ini, peserta dan seluruh pihak yang terkait dalam terselenggaranya acara ini tetap optimis dan senang. Yang paling membuat saya semakin haru adalah ketika dikumandangkannya Lagu “Indonesia Raya”. Seolah De Javu saat itu. Tiba-tiba alam pikiran dan perasaan membawaku pada sebuah masa dimana seluruh jiwa dan raga dengan semangat nasionalisme bersatu dalam sebuah ikatan, Blogger Nusantara.

Setelah rangkaian acara pembukaan berlangsung dengan meriah, materi pertama yang dibawakan oleh Eyang (sebutan sayang) Anjari adalah tentang Etika Blogging. Ada apa dengan etika blogging? Sangat disayangkan bagi yang tidak sempat hadir menerima materi tersebut. Sebab, sebelum terjun dan menikmati “nyamanna Nge-BLOG”, kita harus membentengi diri dengan etika. Tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat, Nge-BLOG juga punya etika yang harus dijunjung tinggi. Nice presentation for Eyang.

Pemateri Blogilicious 2012 Maros Hari Pertama

Materi pertama selesai kemudian dilanjutkan dengan “coffee break”. Setelah “coffee break” yang kemudian dirangkaian dengan “lunch”, materi selanjutnya adalah tentang “Cara Menulis di Blog” yang dibawakan oleh Kak Amril Taufik Gobel atau sering disebut dengan Bang ATG. Kemampuan Bang ATG ini dalam dunia tulis menulis sudah tidak diragukan lagi. Justru saya sendiri belajar menulis BLOG dari beliau. Suatu kesyukuran tersendiri bertemu Bang ATG pada event Blogilicious Fun Makassar 2011 yang lalu. Sejak saat itu kemudian kemampuan menulis saya hingga sejumlah prestasi sudah saya kantongi selama satu tahun terakhir ini. Terima kasih bang ATG.

Setelah Bang ATG membawakan materinya dengan baik, disusul lagi oleh materi “Blogpreneur” yang dibawakan oleh kakak yang cantik, Kak Winarni atau Kak Inar. Kakak Inar ini adalah seorang blogpreneur dibidang kuliner, yaitu cake. Blog telah membawanya mengantongi keuntungan dalam bisnis jualan cake. Bahkan nominal rupiah yang disebutkannya membuat seluruh peserta riuh bertepuk tangan. Blogpreneur ini sendiri seringkali disebut dengan Blogger Matre. Matre? Ya, karena blogpreneur itu bekerja dengan blog untuk mendapatkan sejumlah rupiah bahkan dollar. So, nge-BLOG ternyata mampu memberikan pendapatan yang “wah” kepada pemiliknya Blog, Blogger. Dua jempol buat usaha bisnis cake kak Inar.

Peserta Blogilicious 2012 Maros

Namun, sebelum materi Blogpreneur oleh Kak Inar, ada Presentasi dari Pihak Sponsor yaitu @UseeTVcom atau http://useetv.com oleh Bapak Aris yang di twiiter dikenal sebagai @BroRis. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan tentang produk UseeTV serta beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Berakhirnya penampilan kak Inar, maka berakhir pula rangkaian acara Blogilicious 2012 Maros untuk hari pertama. Antusias peserta sudah meyakinkan panitia Blogilicious 2012 Maros ini bahwa di hari kedua masih ada peserta yang akan berdatangan. Event yang seru, banyak hadiah, pemateri yang cantik dan tampan serta materi yang berbobot sudah menjadi daya pikat tersendiri oleh peserta. Aula kantor Bupati benar-benar terguncang akibat hiruk-pikuk peserta yang hadir. Bahkan ada yang melontarkan kalimat di salah satu akun media sosial yang berbunyi: “Baru pertama kali saya mengikuti acara seminar dengan live streaming cc @UseeTVcom @BloggerMaros.

Rasa terima kasih kembali terhaturkan untuk seluruh pihak seperti @UseeTVcom @TelkomSpeedyID @wifi_id @TelkomIndonesia @idblognetwork @BlogNusantara dan semua yang mendukung event ini sehingga hari pertama terlaksana dengan baik dan lancar.

Bagaimana kelanjutan Blogilicious 2012 Maros pada hari kedua? Simak tulisan saya selanjutnya. Tetap di Meriahnya Blogilicious 2012 Maros Mengguncang Aula Kantor Bupati.

Moment Blogilicious 2012 Maros yang Membahagiakan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *