Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)

28 Oktober 2011, Pembukaan Kopdar 1000 Blogger Nusantara

Bangun pagi. Antrian mandi. Cari sarapan sendiri. Hal yang kulakukan ketika berada di Camp Blogger Nusantara. Tidak pernah sebelumnya membayangkan akan berada dalam camp sedemikian luasnya. Kalau bicara soal camp, otomatis pikiran tertuju pada sebuah tenda yang sempit dan berada di tengah hutan. Namun, camp kali ini sedikit lebih elit dari biasanya.

Hari pertama di acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara, diawali dengan atraksi pembukaan yang sangat meriah oleh panitia dan pihak yang terlibat. Terdapat tarian daerah yang diiringi musik khas daerah. Serasa seperti berada di depan Televisi dengan acar wayang. Tak pernah terlintas sedikitpun jikalau acara akan semeriah ini. Lantunan lagu Indonesia Raya membuat dadaku sempat bergetar haru dan menitikkan air mata. Betapa bangganya aku menjadi Blogger Indonesia. Apalagi acara kopdar ini dihadiri oleh yang Mulia, Bapak Hadi, selaku Wakil Bupati Sidoarjo.

pembukaan kopdar bn11 Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)

Duduk tepat di belakang orang penting sungguh membuat kikuk. Kamera tertuju pada arahku. Sorot lampu begitu terang membuat keringat mengucur lebih deras, padahal aku sendiri juga membawa kamera. Tetapi benar-benar rasa yang tidak bisa kubahasakan. Ditambah lagi mbak Mubarika Darmayanti dengan busananya yang anggun memikat hatiku saat itu. Ah, untung saja aku wanita.

Acara yang dibuka dengan tarian selamat datang membuat seluruh manusia yang ada di gedung menuju titik pusat, panggung. Baru kali ini melihat live tarian adat Jawa. Setelah tarian usai, sambutan-sambutan kemudian diberikan kepada ketua panitia, mbak Mubarika dan kemudian acara resmi dibuka oleh bapak Wakil Bupati Sidoarjo, Bapak Hadi.

Bapak Hadi kemudian menceritakan kekagumannya dengan diadakannya acara ini sekaligus pembuktian bahwa Sidoarjo yang terkenal dengan lumpur Lapindo-nya tidak serta merta menutupi seluruh wilayah Sidoarjo. Aku sendiri baru tahu juga kalau yang tertutupi lumpur Lapindo hanya berkisar 2% dari wilayah Sidoarjo. Namun, informasi yang berkembang di masyarakat seolah Sidoarjo tenggelam dengan lumpur Lapindo. Lagi-lagi persoalan etika dalam menuliskan informasi.

Dengan adanya kegiatan ini, aparat pemerintah Kabupaten Sidoarjo berharap bahwa Blogger-Blogger Indonesia mampu meluruskan informasi tersebut dengan jemari-jemari ajaib mereka. Sebab, jemari ajaib blogger mampu mengubah pandangan Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

ISHOMA

Istirahat, Sholat dan Makan diagendakan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasadiyah dan rohaniyah. Makan nasi kotak plus embel-embel lainnya membuat semangat mengikuti materi semakin besar.

BliBli.com

Pemateri dari blibli.com membuka pikiranku bahwa Living Digital telah banyak mempengaruhi pola hidup manusia sekarang ini. Blibli.com merupakan layanan e-commerce milik PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan dari Grup Djarum dan bergerak di bidang teknologi.

Blibli 285x300 Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)

Senang mengikuti materinya, wawasan  bertambah, apalagi ada lomba yang diselenggarakannya dengan hadiah yang tidak sedikit. Semoga saja artikelku menang.

Penn Olson

Pemateri yang berasal dari Singapura ini memang energik. Materi yang dibawakannya sangat pas dengan apa yang kucari selama ini, hingga memancing saya untuk bertanya soal “content” dan juga “adsense”. Maklum, baru-baru ini adsenseku dalam keadaan banned.

WillisWeePennOlson Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)

Ternyata, Mr. Willy, nama asli pemilik situs Penn Olson, merekomendasikan kepadaku agar memisahkan materi berdasarkan kategori dalam setiap blog. Jadi, blog yang kumiliki jumlahnya harus sesuai dengan kategori yang ingin kutuliskan. Misalnya, jika saya ingin menulis tentang “chemistry”, maka harus full of chemistry dan tidak dicampur dengan kategori yang lain.

Satu yang membuatku senang, karena dalam tulisan blog Mr. Willy sempat menyinggung seorang audience¬† yang bertanya padanya dan secara otomatis itu aku. Sebab, cuma aku yang memberanikan diri bertanya dengan menggunakan bahasa asing meskipun sempat ditertawakan karena ada bahasa yang “agak lucu” terdengar.

Promosi XL

Di sela-sela acara, MC yang super heboh membuat seluruh peserta menjadi ramai. Soalnya, lagi-lagi mempromosikan sponsor tetap yang menemani acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara selama 3 hari. XLangkah Lebih Maju menjadi semboyan XL saat itu. MC yang “ndeso” melekat hingga akhir acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara.

Kembali ke Camp Blogger Nusantara

Camp yang menjadi tempatku merelaksasikan tubuh dan juga memanjakan otak dipenuhi oleh blogger-blogger yang berasal dari sabang sampai merauke. Ada banyak cerita di camp tersebut. Belum lagi ada blogger yang “sok tahu, sok pinter, sok menguasai medan hingga blogger yang sok ga’ peduli”. Tetapi semua itu mnenjadi senyuman tersendiri untukku kehidupanku. Sebab, memang tidak mudah menyatukan isi kepala blogger yang berasal dari daerah yang berbeda. Jangankan berbeda, yang berasal dari satu daerah sekalipun sulit menyatukannya.

Mimbar Bebas

Penat seharian tak mengusikku menemani setiap langkah di camp Blogger Nusantara. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai Komunitas Blogger menjadi sebuah pengalaman yang tak terhitung dengan rupiah. Ditambah lagi panitia dengan “kesederhanaan dan kesahajaan”-nya membuat aku semakin cinta dengan Blogger Nusantara. Rasa yang tidak biasa.

Mimbar bebas digelar sebagai bentuk komunikasi, sharing, terhadap berbagai jenis informasi dari masing-masing blogger. Satu hal yang sangat berkesan adalah “pidato jenaka” dari mas Karel Anderson. Lelahku terbayar dengan cerita yang menggelitik. Dan aku baru tahu kalau “level alay” sudah menyebar di masyarakat termasuk diriku (dalam proses fotografi). Sebab kejadian itu, ngantukku menguap dan akhirnya harus begadang sampai jam 3 shubuh akibat rasa kantuk yang tidak kunjung datang.

Malam semakin larut… Persiapan untuk Hari Kedua dengan merehatkan tubuh… Namun, sebelumnya, tangan dan kameraku sempat mengabadikan posisi tidur panitia yang lucu. Tetapi sayang “off the record”

Sampai jumpa direview selanjutnya icon biggrin Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)

25 Responses to “Ada Cinta untuk Blogger Nusantara (1)”
  1. Budi santosa says:
  2. fajarembun says:
  3. Rahmah says:
  4. Rahmah says:
  5. sibair says:
  6. Rahmah says:
  7. Opan says:
  8. Rahmah says:
  9. hariesaja says:
  10. Miftahur says:
  11. slamsr says:
  12. eka says:
  13. Yasri says:
  14. karel anderson says:
  15. Itsnain Maulana says:
  16. Itsnain Maulana says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *