Bantimurung, Tempat Liburan Menarik

Bantimurung, Tempat Liburan Menarik – Mungkin sudah banyak yang tahu soal Bantimurung. Tetapi sepertinya belum banyak yang pernah datang dan menikmati keindahan yang ditawarkan. Saya sendiri yang lahir dan besar di kota Maros boleh dibilang tidak begitu sering mengunjungi lokasi wisata ini. Ya, lokasi wisata alam yang sudah mendunia.

Saya masih ingat jelas ketika melakukan postcard swapping dengan beberapa postcrosser di beberapa Negara. Banyak dari mereka begitu surprised saat mendapatkan kiriman kartu pos yang bertema Bantimurung. Menurut mereka, Bantimurung menyimpan kekayaan alam, khususnya spesies kupu-kupu. Setidaknya, itu yang mereka pahami setelah membaca sejarah tentang peneliti Alfred Russel Wallace yang menemukan beberapa spesies langka di Bantimurung.

Melihat antusias mereka ingin tahu soal Bantimurung, saya pun memberikan sedikit gambaran bahwa Bantimurung saat ini sudah berkembang sangat pesat. Di tangan pemerintahan saat ini, Bantimurung pun menjadi objek untuk dilakukan pembenahan. Dan tidak diragukan lagi jika Bantimurung menjadi destinasi liburan menarik bagi warga, baik warga setempat, wisatawan luar Sulawesi sampai pada wisatawan mancanegara.

Suasana di Sekitar Air Terjuna

Suasana di Sekitar Air Terjuna

Supaya tidak penasaran, inilah beberapa hal yang perlu diketahui sehingga Bantimurung itu menjadi pilihan sebagai tempat liburan menarik, yaitu:

Air Terjun

Air Terjun

Bantimurung memang dikenal dengan air terjun yang memukau. Sejarah akan air terjun tersebut pun masih sangat erat kaitannya dengan masa-masa Kerajaan dahulu. Bantimurung sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu benti (air) dan merrung (bergemuruh). Air terjun Bantimurung ini sendiri memiliki ketinggian 15 meter dengan lebar 30 meter. Jadi, melihat ukuran tersebut sudah terbayang bagaimana megahnya air terjun tersebut.

Goa Batu

Bagian Dalam Gua Batu

Jika melihat sisi kiri air terjun Bantimurung, maka terdapat anak tangga. Melalui anak tangga setinggi 10 meter tersebut, para pengunjung bisa menelusuri wilayah lain di sekitar kawasan wisata Bantimurung ini. Goa Batu akan menjadi sisi lain Bantimurung yang bisa membuat pengunjung berdecak kagum. Stalagtit dan stalagmite yang berdiameter besar banyak sekali di gua ini. Recommended bagi siapa saja yang ingin lebih dekat dengan ranah geologi sambil berwisata.

Bagian dalam Goa Batu

Danau Toakala

Danau Toakala

Danau Toakala di Bantimurung

Danau Toakala Bantimurung

Nah, di dekat Goa Batu akan nampak sebuah wilayah yang telah diberi pagar pengaman. Wilayah tersebut tidak terbuka untuk umum, tetapi sangat menarik perhatian untuk dilihat lebih dekat. Hamparan air berwarna hijau kebiruan dan tenang begitu mempesona mata yang kemudian dinamakan Danau Toakala. Jika ingin mendekat, harus meminta ijin dulu pada penjaga. Konon di danau tersebut sering menelan korban. Jadi, untuk mengantisipasi korban berjatuhan lebih banyak, maka pemerintah setempat sepakat untuk menutup aksesnya. Suasana yang sejuk dan suara gesekan dedaunan pun makin menambah fresh berwisata di Bantimurung.

Museum Kupu-Kupu

Salah Satu Spesies Kupu-Kupu

Spesies Kupu-Kupu

Seperti yang sudah diceritakan di awal bahwa Bantimurung erat kaitannya dengan kupu-kupu, maka di tempat wisata Bantimurung ini pun disediakan museum. Ya, museum kupu-kupu yang menampung ratusan spesies kupu-kupu. Di dalam museum menyajikan tampilan kupu-kupu yang sudah diatur sedemikian rupa dalam lemari kaca lengkap dengan nama spesiesnya. Jadi, bagi anak-anak yang diajak berwisata di Bantimurung ini bisa sekaligus menambah wawasan tentang kupu-kupu.

Kolam Renang Anak-Anak

Mengajak anak-anak berwisata di Bantimurung tentu akan semakin menarik karena tidak hanya bisa menikmati air terjun, tetapi sudah disiapkan kolam renang untuk mereka. Jadi, anak-anak tidak akan merasa bosan di dalam kawasan wisata Bantimurung.

Penangkaran Kupu-Kupu

Kupu-Kup dalam Penangkaran

Sejenak keluar dari area kawasan air terjun Bantimurung, maka bisa dilihat tempat penangkaran kupu-kupu. Penangkaran ini berlokasi terpisah dengan air terjun dan spot-spot yang telah disebutkan di atas,  tetapi masih dalam kawasan wisata Bantimurung. Penangkaran yang besar mampu menampung banyak spesies kupu-kupu di tempat ini. Bahkan kita masih bisa melihat kupu-kupu beterbangan di sekeliling lokasi penangkaran. Tujuan lokasi ini adalah tidak lain dan tidak bukan adalah untuk pengembangbiakan spesies kupu-kupu agar tidak punah. Bagi pelajar atau wisatawan yang berwisata sambil belajar, penangkaran kupu-kupu bisa jadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas Lengkap

Tempat Sholat di Bantimurung

Tempat Sholat di Bantimurung

Kalau berkunjung ke tempat wisata, fasilitas yang ada di dalamnya menjadi faktor pertimbangan dalam hal memilih. Nah, Bantimurung tidak akan membuat para calon pengunjung bimbang. Sebab semua fasilitas sudah ada, seperti tempat ibadah, kamar kecil, area parkir yang luas, restoran sederhana, penginapan, arena pertemuan, penjual makanan dan minuman (bahkan pengunjung bisa membawa makanan dan minuman dari rumah), spot natural untuk berfoto, dan masih banyak lagi.

Aneka Souvenir Kupu-Kupu

Souvenir Bantimurung

Souvenir kupu-kupu bisa diperoleh beraneka ragam tepat di depan pintu masuk wisata air terjun Bantimurung. Mulai dari pigura, gantungan kunci sampai pada baju kaos bertemakan kupu-kupu bisa ditemukan di sini. Harganya terbilang murah disesuaikan dengan jenis souvenir yang diinginkan.

Harga Tiket Masuk Terjangkau

Mengajak keluarga berlibur tentu sudah disiapkan dengan matang mengenai budget. Nah, berwisata ke Bantimurung tidak harus menyiapkan budget yang begitu banyak dalam hal tiket masuk. Cukup mengeluarkan Rp. 25.000,-/orang (bagi wisatawan lokal) dan Rp. 225.000,-/orang (wisatawan mancanegara), Bantimurung sudah bisa dinikmati keindahannya.

Nah, itulah beberapa hal mengenai Bantimurung, tempat liburan menarik. Tak perlu jauh-jauh dulu ke luar negeri sebab Indonesia masih punya banyak tempat wisata yang indah dan sayang jika dilewatkan. Yuk, berwisata ke Bantimurung…!

11 Responses to “Bantimurung, Tempat Liburan Menarik”
  1. Alris says:
  2. Yati Rachmat says:
  3. cputriarty says:
  4. Khoirina says:
  5. Alaika says:
  6. fachri says:
  7. Waya Komala says:
  8. Cheila says:
  9. Fita Chakra says:
  10. Vixalexa says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *