Agenda Kota Surabaya yang Selalu Dinanti

Agenda Kota Surabaya yang Selalu Dinanti – Bicara soal agenda kota, khususnya Surabaya, pasti semua orang akan mengerucut kepada agenda ulang tahun di bulan Mei. Ada pula agenda yang berhubungan dengan sejarah karena Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, maka bulan-bulan bersejarah seperti Agustus dan November, akan ramai dengan event yang berhubungan dengan tema pahlawan.

Bagaimana dengan bulan-bulan lainnya? Sejauh ini yang sering saya lihat, memang ada agenda namun tidak semeriah di bulan-bulan tertentu. Bahkan kalau ditanya bulan Maret ini agenda yang sedang berjalan berupa apa saja, maka saya akan menjawab dengan Kelas Seni di Balai Pemuda Surabaya.

Ya, agenda satu ini sudah berlangsung sejak 20 Februari 2017 lalu dan akan berakhir pada akhir Desember 2017. Apa itu Kelas Seni? Apa saja yang bisa diperoleh dalam Kelas Seni tersebut? Hmm… mungkin ada yang bertanya-tanya seperti itu. Berikut adalah Jadwal Kelas Seni yang bisa diikuti oleh siapa saja asalkan memenuhi persyaratan.

Jadwal Kelas Seni

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Peserta mendaftarkan diri di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, pada Bidang Pengembangan Destinasi di Gedung Siola, Jl. Tunjungan 1-3 lantai 2 di hari kerja yaitu Senin – Jumat jam 8.00 – 16.00 WIB.
  • Peserta merupakan warga Kota Surabaya dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga atau KTP.
  • Mengisi formulir yang disediakan.
  • Sanggup mengikuti kelas seni sampai menguasai.
  • Untuk kelas musik minimal usia 5 tahun dan membawa alat musik sendiri.
  • Untuk kelas lukis minimal usia 7 tahun.
  • Untuk kelas paduan suara atau vokal minimal usia 8 tahun.

Bagaimana dengan agenda lain? Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, agenda kota Surabaya yang paling dinanti adalah saat bulan Mei dan November. Jika ingin tahu lebih lengkap, bisa melihat event calendar kota Surabaya di situs sparkling.surabaya.go.id atau jika ingin langsung berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya. Di sana bisa langsung menanyakan seputar agenda, trend terbaru atau bahkan destinasi wisata yang sekarang ini lagi booming.

Nah, kalau saya sendiri ditanya soal event menarik di Surabaya, maka saya akan bilang semuanya menarik. Salah satu agenda yang tidak pernah saya lewatkan adalah Parade Budaya dan Bunga. Agenda ini hadir di bulan Mei 2017 nanti. Dan seluruh pihak yang ingin ikut serta dalam Parade ini bisa mengajukan pendaftaran hingga 27 April 2017 mendatang.

Parade Bunga

Doc. Pribadi 2016

 

Parade Bunga

Doc. Pribadi 2016

Selain Parade Budaya dan Bunga, saya juga sangat senang melihat agenda Agustus-an yang tidak hanya berpusat di kota Surabaya. Di seluruh wilayah pun menjadikan Agustus sebagai ajang untuk menunjukkan rasa nasionalisme dengan mengikuti agenda-agenda, meskipun itu hanya skala gang tempat tinggal. Salah satunya adalah karnaval yang diikuti mulai dari anak kecil sampai orang tua.

Hmm… sekarang sudah Maret, sebentar lagi Mei menyapa. Bagi umat Islam, bulan Mei menjadi bulan menarik juga tahun 2017 ini karena akan bertemu dengan bulan Ramadhan dalam kalender Hijriyah. Belum lagi ibu-ibu yang ingin membeli persiapan lebaran (puasa saja belum sudah ngomongin lebaran, haha) maka sepanjang bulan Mei ada Surabaya Shopping Festival. Berburu diskon? Siapa takut, hehe…

Intinya, selamat datang di kota Surabaya. Jangan pernah lupa menjejakkan kaki dan mengukir kenangan di kota yang penuh sejarah ini…

6 Responses to “Agenda Kota Surabaya yang Selalu Dinanti”
  1. ternak ayam says:
  2. Rindang says:
  3. Jerix says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *