Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital

Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital menjadi topik yang hangat dibicarakan saat ini. Sebuah gebrakan akan eksistensi perempuan yang diprakarsai oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB). Komunitas perempuan yang memiliki kesamaan hobi menulis di media blog ini merupakan komunitas yang dirintis oleh Mira Sahid (baca: founder) bersama beberapa perempuan lainnya selaku co-founder.

Sebenarnya ini bukan pertama kali menulis tentang Srikandi Blogger 2013. Terpilih sebagai salah satu nominee atau kandidat di ajang aktualisasi diri seperti ini bukan hal yang biasa dalam hidup saya. Bersaing sehat dengan ke-49 kandidat Acer Srikandi Blogger 2013 tentu bukan pula sesuatu yang mudah. Seluruh kandidat memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing dalam memaknai era digital yang sedang dihadapi saat ini. Tentu hal yang sulit bagi seluruh panitia Acer Srikandi Blogger 2013 untuk menentukan nama-nama yang memang pantas untuk menyandang gelar Srikandi Blogger 2013.

Srikandi Blogger 2013Awal memutuskan untuk mengikuti ajang Acer Srikandi Blogger 2013 ini memang untuk mengasah sejauh mana kemampuan nge-blog saya bisa bersaing dengan seluruh blogger perempuan yang ada di Indonesia, tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB). Tak pernah terbayang juga sebelumnya jika nama saya muncul di deretan 50 kandidat Acer Srikandi Blogger 2013. Walhasil, gagalnya saya melangkahkan kaki maju menjadi salah satu diantara 10 finalis Acer Srikandi Blogger 2013, bukan berarti menyurutkan langkah saya untuk terus meningkatkan kemampuan dan memberikan yang terbaik. Kekecewaan saya jadikan sebagai batu loncatan untuk bangkit dan terus berusaha menjadi blogger yang baik, up to date dan menuliskan hal-hal yang bermanfaat tentunya, tanpa absen dari ajang lomba-lomba kepenulisan blog yang positif. Sangat berharap ajang seperti ini terus dilestarikan setiap tahunnya untuk benar-benar memacu semangat blogger-blogger perempuan agar tetap berkarya hingga akhir hayat.

Menyaksikan penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 sungguh mencuat rasa kebanggaan bisa bergabung dengan KEB. Satu-satunya komunitas yang memberikan penghargaan terhadap eksistensi dan aktualisasi blogger perempuan di Indonesia. Dan ternyata tidak hanya Srikandi Blogger 2013 saja yang dicari para juri dan panitia, tetapi ada kategori tambahan yang lagi-lagi sebagai bentuk apresiasi terhadap blogger perempuan, yaitu Srikandi Persahabatan dan Srikandi Favorit.

Di antara 10 besar finalis Acer Srikandi Blogger 2013, akhirnya terpilih Alaika Abdullah sebagai Srikandi Blogger 2013. Srikandi Favorit jatuh kepada Anazkia dan Srikandi Persahabatan diberikan kepada Myra Anastasia.

Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital

Kiri ke Kanan: Myra Anastasia, Alaika Abdullah, Anazkia

Ketiga orang tersebut sudah bukan lagi blogger biasa. Kemampuan mereka dalam menggerakkan jemari-jemari lentik mereka untuk menari di atas keyboard dan memanfaatkan dunia digital sudah banyak memberikan inspirasi sekaligus motivasi dengan cara mereka sendiri. Tidak hanya itu, mereka bertiga masing-masing memiliki kesibukan positif di dunia nyata sehingga aktif di dunia maya tetap seimbang. Bukankah keseimbangan itu penting?! Tentu saja, iya. Dan masing-masing mereka bertiga mendapatkan hadiah yang benar-benar cetar membahana, yaitu:

  1. Srikandi Blogger 2013 mendapatkan hadiah berupa 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.  
  2. Blogger Favorit 2013 mendapatkan hadiah berupa 1 unit Acer Aspire E1-471. paket Rinso (2 dus) & Wardah.
  3. Blogger Persahabatan 2013 mendapatkan 1 unit Acer Aspire E1-471. paket Rinso (2 dus) & Wardah

Wow… hadiah gadget yang sangat pas untuk lebih mengoptimalkan karya di era digital sudah di depan mata. Sudah seharusnya semakin terus mendengungkan semangat srikandi dimana blog sebagai media tempur.

Tidak hanya penghargaan bagi mereka bertiga. Ada dua penghargaan yang cukup menghentak hingga membakar semangat saya, yaitu Life Time Achievement yang dianugerahkan kepada bunda Yati Rachmat, seorang blogger senja yang masih penuh semangat untuk terus berbagi di media blog. Usia 74 tahun ternyata bukan penghalang untuk kemudian berdiam diri tanpa terus berbagi. Penghargaan selanjutnya adalah Blogger Inspiratif diberikan kepada Haya Aliya Zaki. Tulisan-tulisan yang disematkan dalam blog perempuan satu ini memang memberikan sejumlah inspirasi, tidak hanya untuk saya tetapi semua perempuan di dunia ini. Oh iya, masing-masing juga mendapatkan hadiah berupa TV, paket Rinso dan Wardah.

Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital

Kiri: Yati Rachmat – Kanan: Haya Aliya Zaki

Keseruan di acara penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 ini juga semakin nampak karena hadiah-hadiah dengan kategori lainnya juga tidak kalah serunya. Hmmm… andai saja bisa merasakan langsung hadir di acara ini tentu saja akan terasa berbeda. Namun sayang sekali kesibukan suami menjadi salah satu faktor penghalang sehingga harapan untuk hadir sirna sudah. Bukan persoalan hadiah kemudian harapan untuk hadir di acara ini begitu besar, tetapi keinginan bertemu langsung dan bercengkerama dengan blogger-blogger perempuan yang tergabung dalam KEB ini jauh lebih besar. Sebab, selama ini hanya mengenal lewat dunia maya saja bahkan saling bertukar komentar melalui blog, facebook, twitter dan media sosial online lainnya.

Saya ingin sekali berjabat tangan dan menyentuh jemari-jemari hebat mereka semua yang hadir di acara Acer Srikandi Blogger 2013. Karena kekuatan jemari itulah yang mempersatukan blogger perempuan dalam KEB. Tetapi sayang sekali takdir-Nya belum mengizinkan saya hadir di Gedung F Kemendiknas Jl. Sudirman, Jakarta pada tanggal 28 April 2013 lalu.

Panitia Srikandi Blogger 2013

Orang-orang yang Berjasa di balik Acer Srikandi Blogger 2013

Srikandi Blogger 2013 telah terpilih. Saatnya mengemban amanah dengan gelar yang disandang. Saatnya pula menaklukkan era digital dengan segudang karya melalui jemari. Tentu saja dibantu dengan dukungan dan semangat seluruh pihak, khususnya anggota KEB. Semoga amanah Srikandi Blogger 2013 menjadi jalan untuk tetap berbuat lebih dan lebih lagi untuk memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital ini. Hakikat srikandi sudah seharusnya memang terus berjuang dan menempatkan posisi pada yang seharusnya. Tidak berat di satu sisi sedang di sisi lain terbengkalai. Menjadi srikandi blogger tak hanya dituntut mahir dan piawai menuangkan ide-ide tulisan di blog tetapi aktivitas di dunia nyata yang mendukung juga diperlukan. Mampu memilah kebenaran dan kesalahan dengan mendudukan logika dan perasaan beriringan. Menjadi inspirasi dan motivasi bagi siapa saja. Dan yang pasti terus menulis dengan melahirkan bacaan bermanfaat melalui jemari ajaib. Dan yang lebih penting tetap memahami kodrat sebagai perempuan, dalam hal ini “emak”.

Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital

Selamat dan Sukses

Oh iya, kesuksesan Acer Srikandi Blogger 2013 ini juga tidak terlepas karena sejumlah sponsor yang mendukung. Diantaranya Acer, Rinso, Wardah, IDBlogNetwork dan Azza Hijab Store.

Dengan terpilihnya Srikandi Blogger 2013, KEB tidak berhenti sampai di sini. Justru saya sebagai anggota KEB menanti gebrakan baru dan lebih “wow” lagi untuk terus memotivasi semangat nge-blog. Srikandi Blogger 2013 ini sedikit banyaknya sudah memacu adrenalin saya agar tetap yakin bahwa menggeluti dunia blogging itu bukan hal yang sia-sia. Sebab memang awalnya saya sudah nge-blog sebelum mengenal KEB itu sendiri. Dengan adanya KEB, maka keyakinan untuk terus mengibarkan bendera blogger perempuan itu hal yang positif.

Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital

NB:

Emak… dimana pun kalian berada, tetaplah menjadi srikandi-srikandi blogger dan tetap bersatu dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB) sampai kapan pun. Sampai jumpa di Srikandi Blogger tahun berikutnya…

Selamat buat Srikandi Blogger, Srikandi Favorit dan Srikandi Persahabatan dan semua yang mendapatkan pernghargaan di ajang Acer Srikandi Blogger 2013. Terus berkarya dengan jemari ajaib…

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
8 Responses to “Acer Srikandi Blogger 2013: Kekuatan Jemari Ajaib Perempuan di Era Digital”
  1. hana sugiharti says:
  2. echaimutenan says:
  3. Lusi says:
  4. dina says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *