7 Pemanfaatan Terbaik untuk Tanah Kosong

7 Pemanfaatan Terbaik untuk Tanah KosongKita dapat menemukan banyak sekali tanah kosong yang dijual dan tidak digunakan atau tidak dibangun di Indonesia. Lahan-lahan kosong itu adalah hal yang menggiurkan para penanam modal, tetapi juga dapat memberikan keuntungan-keuntungan bagi perseorangan. Berikut adalahbeberapa cara-cara unik tentang pemanfaatan tanah kosong yang dijual. Beberapa diantaranya dapat memberikan keuntungan, beberapa lainnya hanya sekedar untuk memberikan kesenangan.

7 Pemanfaatan Terbaik untuk Tanah Kosong

Berikut 7 pemanfaatan terbaik untuk tanah kosong yang bisa dipertimbangkan:

Lahan Bisnis

Bekerja di rumah atau mendirikan usaha adalah hal yang makin umum, akan tetapi jika kita memiliki ruang yang kecil dan tidak memungkinkan untuk melakukan perluasan ruang atau pengubahan ruang, maka hal tersebut sulit untuk dilakukan. Hal ini akan menjadi lebih sulit jika hendak mendirikan usaha kerajinan. Karena otomatis memerlukan ruang yang besar untuk bekerja, penampung limbah dan tentu ada efek kebisingan. Terdapat beberapa larangan yang diterbitkan oleh pemerintah terkait dengan pendirian usaha semacam ini, karena dapat mengganggu warga sekitar. Oleh karena itu, hal ini menjadi tidak bijak jika usaha ini didirikan di garasi rumah, bukan?  Pembelian suatu tanah kosong untuk membangun bengkel maupun kantor milik pribadi akan menghindarkan dari kemungkinan pelanggaran akan larangan-larangan yang berlaku.

Sedekah

Jika kita tinggal di suatu kondominium atau mungkin memiliki kebun dengan luas yang tidak seberapa dan  tidak memungkinkan untuk melakukan pembangunan suatu usaha tertentu, maka tanah atau lahan kosong tersebut  dapat dijadikan tempat bersantai atau mungkin berkebun saja. Kita bisa menanam tanaman obat dan sayur-mayur untuk dijual. Namun, harus diperhatikan juga kebijakan lokal yang berlaku, jika akan melakukan hal tersebut. Situs Land Central bisa menjadi acuan atau pedoman dalam membangun kebun kolektif. Hasilnya, bisa disumbangkan kepada bank pangan atau mungkin penampungan tunawisma. Lebih bermanfaat, bukan?

Hobi

Lahan kosong pun bisa dimanfaatkan sesuai dengan apa yang menjadi hobi kita. Misalnya saja mengubah tanah kosong menjadi lintasan motor off-road, lapangan panahan, tempat permainan hiburan, atau apapun yang disukai, asalkan positif dan tidak menimbulkan keresahan warga sekitar. Seperti yang dilansir di situs Retipster, keuntungan dari pemanfaatan tanah kosong seperti yang disebutkan (disesuaikan dengan hobi) tidak memerlukan banyak perawatan dan pengembangan, sehingga keuntungan bisa diperoleh dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Ruang Publik

Cara lainnya untuk berkontribusi pada masyarakat lokal adalah mencari tahu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat dan membangunnya di tanah kosong yang kita miliki. Hal itu dapat berupa taman, alun-alun, taman bermain, atau panggung pentas outdoor. Segala hal yang dapat membuat masyarakat untuk berkumpul akan menjadi keuntungan yang baik. Jika hal ini adalah proyek yang dibuat oleh masyarakat, kita juga akan menemukan banyak orang yang bersedia memberikan sumbangan material maupun tenaga untuk mewujudkan hal tesebut.

Energi yang dapat Diperbarui

Pemanfaatan dari energi yang dapat diperbarui seperti tenaga angin atau surya dibandingkan dengan yang tidakdapat diperbarui adalah perbincangan yang sampai saat ini terus terjadi. Mudah sekali untuk berpikir bahwa dengan seorang saja tidak pembaruan energi tidak dapat dilakukan, tetapi dengan menggunakan tanah kosong  sebagai sumber energi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Anda dapat menyewakan tanah Anda kepada perusahaan penyedia energi atau hanya sekedar menyewakannya kepada tetangga-tetangga Anda. Bahkan, penyediaan energi hanya untuk rumah Anda saja dapat membuat perbedaan terhadap perdebatan yang terjadi antara energi yang dapat diperbarui dengan yang tidak dapat diperbarui.

Gudang

Setiap orang tampaknya memiliki terlalu banyak barang di rumahnya saat ini, dan tentu dibutuhkan uang dalam jumlah yang besar untuk menyewa gudang. Dengan melakukan pencarian tanah yang dijual di situs rumah.com atau situs jual beli rumah lainnya, kita dapat menemukan beberapa tanah kosong yang dijual yang dapat dibangun menjadi gudang. Bahkan muncul suatu tren di Amerika Serikat baru-baru ini, yakni orang yang melelang gudang yang telah ditinggalkan atau yang pemiliknya telah meninggal dunia, kerap kali menjualnya dengan harga ratusan atau ribuan dollar dalam sekali jual. Bahkan menyewakan lahan parkir di daerah perkotaan atau di dekat bandar udara dapat memberi keuntungan yang besar.

Periklanan

Jika tanah kosong yang kita miliki berada di daerah perkotaan atau dekat dengan jaringan transportasi umum yang ramai, kita bisa saja memperoleh uang yang banyak dengan menyewakannya sebagai tempat periklanan, seperti tempat papan iklan. Sebagai alternatif, jika terdapat bisnis, tujuan, atau sekedar pesan yang ingin diumumkan, maka orang lain dapat menggunakan tanah kita untuk hal-hal tersebut.

Nah, 7 pemanfaatan terbaik untuk tanah kosong di atas mungkin masih ada kekurangannya. Mungkin ada yang memiliki ide lebih brilliant. Hal ini tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan dari tanah kosong yang ada.

No Responses to “7 Pemanfaatan Terbaik untuk Tanah Kosong”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *