7 Alasan Mengapa Berkomunitas itu Penting

7 Alasan Mengapa Berkomunitas itu Penting – Dalam hidup ini, kita tidak dapat berjalan sendiri tanpa ada bantuan, dukungan bahkan kritikan dari orang lain. Tak hanya dalam urusan seputar lingkungan keluarga, dalam lingkungan bermasyarakat pun kita tidak akan pernah bisa hidup sendiri. Tuhan sendiri sudah menciptakan kita sebagai makhluk sosial, dengan begitu pasti akan ada interaksi antara diri dan lingkungan sekitar, baik itu dengan sesame manusia ataupun dengan alam sekeliling.

7 Alasan Mengapa Berkomunitas itu Penting

Begitu juga dengan dunia seorang blogger. Blogger tidak akan pernah mampu membangun brand blog-nya sendiri tanpa bantuan sesame teman blogger pastinya. Tidak mungkin ada blogger yang sibuk membesarkan nama blog-nya tanpa membutuhkan media sosial sebagai tempat sharing tulisan-tulisan blog yang muncul dari buah pikiran. Yap, dimanapun berkomunitas itu sebagai sesuatu yang tanpa diminta, pasti akan condong bergabung pada kelompok yang sesame visi dan misi.

Sama halnya saya sendiri. Bergabung di dunia blogging karena sebuah event komunitas yang ada di Makassar. Dari situ saya belajar bahwa menjadi blogger butuh banyak pengalaman dan masukan dari orang-orang yang sudah lebih dahulu terjun di dalamnya. Dan tidak mungkin saya mendapatkan banyak pengetahuan seperti sekarang jika tidak bergabung dengan komunitas blogger.

Tak hanya soal blogging. Ketertarikan saya akan ilmu kimia pun semakin diasah dengan bergabungnya saya ke salah satu komunitas kimia terbesar di Indonesia. Kami senantiasa sharing soal perkembangan ilmu kimia plus update info seputar event bergengsi antar pelaku akademik di bidang kimia dari seluruh penjuru tanah air. Itu semua bisa terjadi dengan berkomunitas.

Sesuai pengalaman saya selama ini, maka ini ada 7 alasan mengapa berkomunitas itu penting:

  • Bersama jauh lebih baik; tak hanya dalam urusan pribadi seperti pernikahan dan rumah tangga, kebersamaan juga sangat dibutuhkan dalam bentuk berkomunitas. Ketika melakukan sesuatu kebaikan secara bersama-sama, dampaknya akan terasa lebih besar dan berpengaruh dibandingkan jika sendirian.
  • Media Berbagi Ilmu; tak sedikit orang yang memiliki potensi nganggur tanpa ada manfaat yang dipetik dengan potensi tersebut. Sharing dalam komunitas justru akan semakin memperkuat dan menambah nilai tersendiri akan potensi yang dimiliki.
  • Pembentukan Karakter; sudah bukan rahasia lagi bahwa di dalam komunitas terdiri dari beberapa orang dengan isi kepala berbeda-beda. Semua memiliki hak yang sama dalam menyuarakan apa yang dipikirkan dan dirasakan. Dengan keadaan seperti itu, kita bisa membentuk karakter kita utamanya dalam menghadapi kondisi perbedaan pendapat misalnya atau dalam kondisi dimana pendapat kita menjadi minoritas.
  • Jaringan Informasi; betapa banyak info yang berseliweran di sekeliling kita akhirnya diketahui karena sharing dalam komunitas yang kita ikuti. Contoh sederhananya informasi sebuah event yang akan diselenggarakan oleh sebuah agensi. Dan tidak sedikit brand yang menyerahkan urusan kegiatan rutin mereka pada komunitas yang ada di daerah dimana kegiatan tersebut akan dilaksanan sebagai media
  • Sarana mendapatkan ide segar dan baru; kalau ini memang ampuh bagi saya pribadi ketika terkena serangan writers block. Ide segar muncul pun biasanya dari obrolan santai dengan sesame anggota komunitas. Bisa juga berasal dari topik pembicaraan yang sedang dibahas di grup mengamati fenomena trending topic. Bahkan tidak jarang juga ide itu muncul dari hasil postingan blog atau status teman-teman komunitas itu sendiri.
  • Media Bersosialisasi dan Berkomunikasi; sebelum terjun ke dunia yang lebih luas, berinteraksi dengan sekelompok kecil manusia harus sukses terlebih dahulu. Sebab, banyak yang kurang mampu membawa diri saat berada di lingkungan yang lebih besar karena menganggap sepele hubungan dan komunikasi pada lingkungan kecil.
  • Tempat Menemukan Jodoh; kalau ini bisa jadi berlaku bagi para jomblo. Saya memang memiliki cerita soal jodoh dalam komunitas. Yap, saya bertemu jodoh saat bergabung pada komunitas blogger yang menyelenggarakan event akbar di Sidoarjo tahun 2011 lalu. Tetapi bukan berarti jika tidak menemukan jodoh lantas keluar dari komunitas ya. Jangan seperti itulah. Sebab lagi-lagi memang jodoh itu rahasiaNya. Saya pun tidak menyangka akan bertemu ayahnya Salfa lintas komunitas blogger daerah waktu itu.

Nah, 7 alasan mengapa berkomunitas itu penting di atas bisa dijadikan referensi. Namun bukan berarti bahwa kita pun boleh mengikuti semua komunitas yang ada. Tetap selektif dan sesuaikan dengan livegoals dan passions pastinya. Sebab, saya pun sudah merasakan ada di dalam komunitas yang tidak sesuai, rasanya nggak enak dan lebih baik keluar saja. Daripada tetap bertahan tetapi tidak nyaman bahkan tidak mendapatkan manfaat apa-apa.

Kalau kalian sendiri sedang bergabung dengan komunitas apa saja nih? Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *