5 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Berkenalan

5 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Berkenalan – Berkenalan dengan orang baru menjadi hal biasa bagi traveling lover. Bertemu berbagai jenis karakter orang di tempat asing, situasi yang asing, mungkin juga dengan Bahasa asing, bisa menjadi tantangan sekaligus pengalaman menarik. Sebab kalau sudah hobi berkelana, setidaknya perlu membekali diri dengan kemampuan berkomunikasi atau berinteraksi yang baik, terutama dengan orang yang baru dikenal. Baik itu bertemu di bandara, pesawat, hotel, restoran, supermarket, atau tempat-tempat wisata lain yang dikunjungi. Berinteraksi dengan warga lokal, pegawai hotel, sesama penumpang, atau sesama wisatawan, selalu menjadi moment tersendiri untuk berkenalan.

5 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Berkenalan

Namun, tentu tidak ingin kesan perkenalan berakhir mengecewakan, sehingga menjadi canggung berbicara, apalagi sampai tidak nyaman untuk bertemu lagi. Kita ingin orang lain menyukai dan merasa nyaman berbicara saat berdialog dengan kita. Jangan sampai gara-gara salah memberi respon lantas orang lain jadi tidak menyukai atau salah mengartikan maksud baik yang ingin kita tunjukkan. Kalau tidak ingin hal tersebut sampai terjadi, lebih baik melakukan 5 tips yang perlu diperhatikan saat berkenalan  berikut ini:

Jaga Kontak Mata

Ketika diajak atau mengajak bicara orang lain, jaga kontak mata dengannya untuk menunjukan kalau kita antusias mendengarkannya. Bahkan saat lawan bicara berhenti mengatakan sesuatu, kita bisa tetap menatapnya sambil memikirkan respon obrolan selanjutnya. Kontak mata yang wajar namun penuh perhatian akan membuat lawan bicara merasa dihargai.

Berbicara Jelas dan Luwes

Perhatikan tutur kata saat ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain, terlebih orang baru yang belum terbiasa dengan gaya bicara kita sendiri. Sampaikan kata-kata dengan jelas dan pastikan lawan bicara memahaminya. Tetapi,bukan berarti bahwa kita harus bicara terlampau keras, tegas, atau malah justru terlalu pelan. Volume suara diatur sewajarnya, santai dan intonasi yang bersahabat agar tidak terkesan kaku.

Berikan Senyum Sewajarnya

Boleh tersenyum setiap menit kalau lagi bersama pasangan kita, tetapi tidak demikian kepada orang yang baru dikenal. Justru sebaiknya hindari senyuman yang berlebihan meski bermaksud ramah. Terlalu banyak tersenyum bisa membuat orang lain salah menilai karena bisa saja mereka menganggap kita tidak serius, mudah mengumbar senyum kepada siapa saja sehingga senyuman kita tidak terasa istimewa baginya. Bahkan kita bisa dianggap senang mencari perhatian. Sesekali tersenyum agar nyaman saat mengobrol, bergurau, atau saat berterima kasih, akan terasa wajar.

Tenangkan Diri

Kunci sikap saat berinteraksi dengan orang lain adalah tenang. Jangan terlalu banyak bergerak seperti menggerakan kaki, tangan, kepala, misalnya menunjuk-nunjuk, mengangguk-angguk, apalagi menggaruk-garuk, yang bisa mengganggu konsentrasi lawan bicara. Kita perlu tenang, dan fokus pada pembicaraan yang sedang berlangsung. Pembawaan diri yang tenang akan membuat komunikasi lebih lancar, sehingga kita dan lawan bicara akan merasa sama-sama nyaman.

Dan saya pernah mengeluarkan “bahasa Jawa” padahal sedang bicara dengan bule saat di Bali, karena saking gugup dicampur rasa bahagia.

Perhatikan Kenyamanan Lawan Bicara

Seringkali karena keasyikan berbicara, luput memperhatikan gerak-gerik lawan bicara yang mungkin mengisyaratkan sesuatu dan perlu kita mengerti. Misalnya lawan bicara melirik jam tangannya, sebaiknya kita peka dan bertanya langsung apakah dirinya lagi terburu-buru, ataukah perlu segera mengakhiri obrolannya. Atau kalau melihat lawan bicara merasa terganggu dengan sekelilingnya, boleh saja mengajaknya pindah tempat untuk melanjutkan obrolan kalian. Perhatian semacam ini akan membuahkan kesan baik sebab kita peduli pada kenyamanan dan kepentingan lawan bicara.

Asalkan mengetahui etika berkomunikasi yang baik, kita tak perlu khawatir saat berkenalan dengan orang lain. Jadikan setiap perkenalan sebagai momen menyenangkan ketika traveling kalau perlu siapkan kartu nama kemanapun melangkah. Menambah kenalan baik dari berbagai tempat akan membuat traveling semakin kaya warna. Dan jangan lupa manfaatkan tiket pesawat murah berharga murah untuk berkelana sebanyak-banyaknya, demi memperluas pengalaman dan hubungan antar saudara yang ada di bumi ciptaanNya ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
4 Responses to “5 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Berkenalan”
  1. lianny hendrawati says:
  2. Lagu Daerah says:
  3. Uniek Kaswarganti says:
  4. Inayah says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *