20 Alasan Memilih ASUS Zenfone 3 ZE552KL

20 Alasan Memilih ASUS Zenfone 3 ZE552KLKalau postingan sebelumnya saya membahas soal produk unggulan ASUS, yaitu ASUS ROG Strix GL502VS yang sangat dinantikan oleh para gamers, kali ini beralih ke produk smartphone yang masuk dalam kategori Good Design Award 2016. Apalagi kalau bukan ASUS Zenfone 3 dan kali ini kita akan me-review seri Zenfone 3 ZE552KL.

Kalau semua orang ditanya ingin smartphone seperti apa, jawabannya pasti yang bagus dan bisa memenuhi segala kebutuhan, bukan? Bagus di sini memang akan mengacu ke beberapa hal yang sangat penting dalam memilih sebuah smartphone. Ibarat memilih teman hidup, pastinya perlu banyak pertimbangan sebagai alasan kemudian membelinya.

Infografis-ASUS-Zenfone-ZE552KL

Apalagi bagi saya pribadi sebagai blogger sekaligus ibu rumah tangga, memilih smartphone harus banyak pertimbangan. Tidak cukup 1 atau 2 alasan saja. Karena kualitas hidup saat ini memang lebih banyak bergantung pada sejauh mana fasilitas mendukungnya. Nah, berikut 20 alasan mengapa harus memilih ASUS Zenfone 3 ZE552KL:

Alasan Ke-1: Teknologi Sensor Kamera Sony IMX 298

Zenfone 3 Series terbaru dibuat dengan teknologi sensor yang lebih ditingkatkan, khususnya dalam fitur kamera. Teknologi sensor Sony IMX 298 disematkan ASUS dalam kamera Zenfone 3 ZE552KL produknya untuk membantu dalam pengambilan foto dan video. Dan untuk seri Zenfone 3, hanya ada dua yang mendapatkan teknologi sensor ini, yaitu Zenfone 3 ZE552KL sendiri dan satunya lagi ZE520KL.

Teknologi Sensor Zenfone 3 ZE552KL

Foto: Dokumentasi Pribadi

Selain itu, teknologi sensor pengamanan berbasis sidik jari (finger print) yang terdapat di bagian belakang smartphone mampu membuka kunci Zenfone 3 ZE552KL ini dengan lincah, hanya dalam waktu 0,22 detik.

Alasan Ke-2: Resolusi Tinggi hingga 64 Mega Pixel

Mode Super Resolution Zenfone 3 ZE552KL menerapkan teknik pengolahan gambar secara khusus untuk membuat foto sangat rinci. Smartphone ini mampu menangkap lima foto 16 megapiksel dan langsung menggabungkannya sehingga menghasilkan gambar empat kali (4x) yang lebih jelas. Terang atau gelap, noise lebih sedikit serta foto yang dihasilkan dengan resolusi tinggi hingga 64 megapixel

Alasan Ke-3: Proteksi Sapphire pada Lensa dan Aperture f/2.0

Bagi yang memahami fotografi, lensa adalah bagian vital pada sebuah kamera. ASUS memahami hal tersebut sehingga menjadikan lensa Zenfone 3 ZE552KL terlindungi dengan Sapphire Lens Protection. Safir adalah material kaca yang sangat keras kedua dengan skala kekerasan 9.0 Mohs. Sehingga tidak perlu khawatir dengan benturan yang membuat lensa kamera ponsel mudah rusak/pecah. Selain itu, lensa kamera Zenfone 3 ZE552KL juga dilengkapi dengan lens aperture 2.0 dimana bukaan lensa besar ketika akan menangkap objek sudah mumpuni untuk sekelas ponsel.

Alasan Ke-4: Image Stabilizer

Sangat disayangkan jika saat memotret sesuatu hasil gambarnya terlihat tidak stabil. Hal ini bisa saja  disebabkan oleh tangan yang gemetar saat itu. ASUS Zenfone 3 ZE552KL menjawab masalah tersebut dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Empat sumbu (4-axis) OIS di sini berfungsi sebagai penstabil lensa dengan meminimalisir efek getaran/goyangan tangan ketika sedang mengambil foto sehingga hasil tidak blur. Karena meskipun sudah mengantongi resolusi 16 MP, tetap membutuhkan stabilizer untuk hasil yang maksimal.

Alasan Ke-5: Instant Focus Super Cepat 0.03 Detik

Zenfone 3 ZE552KL dilengkapi dengan teknologi TriTech Auto Focus yaitu gabungan 3 teknologi fokus pada kamera (laser, phase detection dan auto focus). Nah, dengan teknologi ini hanya dibutuhkan 0.03 detik untuk mendapatkan fokus pada objek yang akan difoto. Kecepatan ini berada di atas 10 kali kedipan mata. Jadi, tidak perlu khawatir akan kehilangan fokus karena berlangsung secara kontinyu. Dan menjadi penanda bahwa produk ini built for photography.   

Alasan Ke-6: Super High Dynamic Range (HDR) untuk Foto 4x Lebih Cerah

Mode backlight (Super HDR) pada ZenFone 3 ZE552KL tampil lebih baru. Peningkatan ini menunjukkan bagaimana foto dan video terlihat bahkan sebelum menekan tombol shutter! Tampilan preview real-time ini memberikan kontrol lebih baik dan membuat pemotretan dalam kondisi cahaya sulit pun menjadi lebih mudah. Di samping itu, real-time backlight (Super HDR) yang menunjukkan efek HDR seperti foto yang dibingkai.

Alasan Ke-7: Real Tone Flash

Pernah mengambil foto kemudian hasilnya terlalu putih (keputihan)? Nah, jika menggunakan Zenfone 3 ZE552KL masalah tersebut tidak lagi terjadi. Jadi, meskipun bukan fotografer, hasil foto yang bagus dan sebagus objek aslinya bisa diperoleh juga.

Alasan Ke-8: Manual Mode

Beruntung karena Zenfone 3 ZE552KL menyematkan Manual Mode pada fiturnya. Sehingga meskipun menggunakan smartphone, teknik pengambilan foto dengan pengaturan cahaya dan sejenisnya bisa dilakukan. Seperti halnya ketika menggunakan kamera DSLR yang menggunakan mode setting ini dalam menyesuaikan tingkat cahaya saat akan memotret sebuah objek.

Alasan Ke-9: Slow Speed

Dengan long exposure hingga 32 detik, maka kamera Zenfone 3 ZE552KL dapat menangkap segala macam efek yang menakjubkan. Seperti cahaya lampu saat mobil sedang dalam kecepatan tinggi di jalanan, bintang di langit malam yang seringkali sulit diperoleh dengan kamera biasa.

Alasan Ke-10: Low Light Mode yang Sangat Berguna

Pernah nggak sih merasa melewatkan momen penting di malam hari karena tidak adanya kamera yang bisa digunakan untuk memotret? Bahkan jarang sekali yang ingin melakukan pemotretan di malam hari karena alasan kurangnya cahaya. Nah, Zenfone 3 ZE552KL ini dilengkapi dengan mode Low Light untuk meningkatkan cahaya lebih banyak (hingga 400%) agar diserap oleh objek yang akan difoto. Jadi, nggak ada masalah lagi ketika ada momen berharga dan sayang jika tidak diabadikan segera.

Alasan Ke-11: Layar

Layar 5.5 Full HD

Foto Dokumen Pribadi

Layar sebesar 5.5 inci dengan Super Bright IPS FHD (1920×1080 pixel). Tingkat kecerahan mencapai 600 nits sehingga mudah dilihat pada kondisi kurang atau bahkan kondisi cahaya terang. Bezel 2.1 mm ultra slim dan rasio screen to body mencapai 77,3%. Layar Zenfone 3 ZE552KL ini juga diamankan juga dengan Corning Gorilla Glass 4 pada bagian depan dan belakang 6.16 mm sehingga tidak khawatir smartphone lecet karena terkena gesekan uang koin atau benda logam lainnya saat dimasukkan ke dalam saku/tas.

Alasan Ke-12: Aplikasi Kamera

Kamera Zenfone 3 ZE552KL dilengkapi dengan 20 mode. Sehingga tidak perlu merasa kekurangan ketika akan mengambil foto dengan kondisi apapun. Semua bisa diatur. Bahkan ada 11 efek yang bia dijadikan media dalam mempercantik hasil foto. So, tetap percaya diri dengan hasil jepret sendiri.

Alasan Ke-13: Desain Elegan 

Desain Elegan

Sumber: Web ASUS

Memilih smartphone dengan alasan desainnya pun bukan sebuah hal mengada-ada. Meskipun berprofesi sebagai IRT yang sehari-harinya lebih banyak di rumah, bukan berarti harus pasrah dengan smartphone dengan desain yang biasa. Nah, Zenfone 3 ZE552KL memahami betul bahwa IRT juga tidak bisa diremehkan. Desain dibuat dengan material metal dengan dilapisi Dual Sided 2.5D Corning Gorilla Glass yang akan mengkilap ketika terkena sinar matahari.

Di samping itu, setiap tipenya didesain rounded edge atau istilahnya melengkung pada bagian masing-masing sudut sehingga nyaman untuk digenggam. Hadir dengan 3 varian warna yang lebih elegan yaitu Moonlight White, Sapphire Black dan Shimmer Gold. Penampilan yang fashionable menghadirkan rasa percaya diri tentunya.

Alasan Ke-14: Otak Pintar pada Prosesor Handal

Apalah artinya smartphone dengan kamera bagus tetapi kalah dalam hal prosesor. ASUS lagi-lagi menjawab hal ini dengan menyematkan 64-bit Qualcomm Octa-Core Processor Snapdragon 625. Selangkah lebih maju dari produknya yang terdahulu yaitu Zenfone Selfie dengan Snapdragon 615. Keberadaan prosesor dan OS Android 6.0 Marshmallow yang mumpuni menjadikan penggunanya bisa multi-tasking. Ingin membuka berapa aplikasi pun tidak akan membuat smartphone terbaru dari ASUS ini menjadi lambat loading.  

Alasan Ke-15: Daya Tahan Baterai

Kapasitas baterai yang disematkan ASUS pada Zenfone 3 ZE552KL ini adalah 3000 mAh. Kapasitas sebesar itu sudah mampu memberikan kekuatan tambahan 2 jam berbicara meski baru diisi selama 5 menit. Proses pengisian cepat ini pun menjadi daya tarik dan alasan untuk mengantonginya sebagai smartphone pilihan. Bahkan saya yang seringkali harus bekerja atau standby dengan smartphone dalam menghadiri sebuah event (karena harus live report by social media) akan sangat terbantu dengan kemapuan produk ASUS satu ini.

Alasan Ke-16: Jaringan 4G + 3G

Selama ini smartphone dengan dual SIM adalah pilihan saya dari sekian banyak kriteria. Hanya saja ketika mengaktifkan kedua kartu, maka mayoritas hanya SIM 1 yang berfungsi pada jaringan 4G dan SIM 2 bekerja pada sebatas jaringan 2G. Setelah Zenfone 3 ZE552KL hadir dan mendapat hasil uji dari seorang user bahkan pakar gadget, kedua SIM bisa berjalan bersamaan pada jaringan 4G dan 3G. Keunggulan ini terbilang langka di kalangan smartphone Android sejenisnya dengan kecepatan maksimal download-upload 300mbps.

Alasan Ke-17: Fenomenal Audio dengan Lima Magnet

Sebuah smartphone jika tidak dilengkapi dengan audio yang mumpuni ibarat sayur tanpa penyedap rasa. Kualitas audio yang mantap menjadi salah satu keunggulan Zenfone 3 ZE552KL karena dibekali lima magnet speaker. Lebih detailnya, ruang audio baru didukung oleh AMP untuk meningkatkan tekanan suara hingga 94.5 dBSPL, menurunkan frekuensi resonansi 700Hz, dan mengurangi total harmonic distortion (THD) bass sebanyak 7,5%.  

Alasan Ke-18: 4K Video

Sangat jarang ada smartphone seharag 4-5 jutaan memiliki fitur 4K video. Fitur yang mampu menangkap video dengan resolusi 4x kualitas Full HD. Soal hasilnya pun tidak perlu menjadi hal yang mengkhawatirkan karena akan menggunakan banyak tempat saat disimpan dalam smartphone. Permasalahan tersebut sudah di atas oleh ASUS untuk Zenfone 3 ZE552KL in dengan High Efficiency Video Coding atau HEVC tanpa mengurangi kualitas piksel sedikitpun.

Video kiriman Rahmah – Mommy Blogger (@ammachemist) pada

Salah satu hasil dari mencoba ASUS Zenfone 3 ZE552KL dalam perekaman video Mannequin pada lokasi dengan cahaya lampu di malam hari.

Alasan Ke-19: Video Stabilizer

Sebagaimana yang ada pada alasan ke-4 bahwa Asus Zenfone 3 ZE552KL ini memiliki image stabilizer agar pengambilan foto tidak blur, maka smartphone produk ASUS terbaru ini pun dilengkapi dengan video stabilizer. Hal ini bisa membantu saat mengambil video pada lokasi yang bergerak atau misalnya di atas kendaraan. Efek goyangan saat merekam akan diredam oleh kinerja tiga sumbu (3-axis) EIS.

Alasan Ke-20: ZenUI 3.0 (User Interface terbaru dari ASUS)

Keunggulan ZenUI sebelumnya tidak menjadikan ASUS berpuas diri. Peningkatan pun dilakukan pada Zenfone 3 ZE552KL dengan menyematkan ZenUI 3.0. Edisi terbaru ini ditambahkan beberapa interface yang lebih menunjang produktivitas dan lebih mencerahkan penampakan outlook. Seperti real time animasi cuaca, widget jam yang lebih stylish, home screen dengan tambahan plihan pada theme, fitur edit foto yang bisa digunakan dengan cepat, Zen Circle, Zen Motion hingga Mobile Manager.

Tabel Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE552KL

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut:

Spesifikasi Zenfone 3 ZE552KL

Sumber: Press Release dari ASUS

 

Selfie dengan Smartphone Impian ^_^

Referensi:

19 Responses to “20 Alasan Memilih ASUS Zenfone 3 ZE552KL”
  1. Noe says:
  2. Idah says:
  3. taufan says:
  4. damarojat says:
  5. Mugniar says:
  6. HM Zwan says:
  7. Inda Chakim says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *